Air Terjun Mangku Sakti dan Mangku Kodek, Surga di Kaki Gunung Rinjani

Air Terjun Mangku Sakti dan Mangku Kodek, Surga di Kaki Gunung Rinjani

berugaqelen2010.wordpress.com

Sudah terlalu sering bermain-main di pantai-pantai Lombok? Mungkin kamu harus mencoba hal lain yang berbeda. Jika bosan dengan air asin dan pasir pantai, kamu bisa mempersiapkan diri untuk petualangan yang lebih menantang. Berada di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun,  Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, ada salah satu keajaiban Lombok yang bisa kamu temukan dibawah kaki Gunung Rinjani.

Dengan datang ke daerah Sembalun ini kamu akan menemukan sisi lain dari Lombok yang tak melulu memanjakan mata dengan keindahan pantai warna birunya. Jauh dari cuaca panas pantai, kamu bisa temukan kesejukan sepanjang perjalanan menuju Air Terjung Mangku Sakti dan Mangku Kodek.

Tetapi sebelum merencanakan datang ke air terjun ini pastikan kamu mendapat tiket untuk sampai ke pulau penghasil kain tenun khas Suku Sasak ini. Tiket pesawat yang murah bisa kamu dapat dengan mencari promo tiket ke Lombok di situs-situs booking online. Pilihan maskapainya pun bisa beragam salah satu diantaranya adalah Garuda Indonesia.

Berbeda dengan air terjun yang juga berada di kawasan kaki Gunung RInjani, Air Terjun Mangku Sakti dan Mangku Kodek memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Perbedaan tersebut ada pada warna airnya. Air dari dua air terjun ini tidak berwarna coklat atau bening, tetapi justru memiliki sejumlah warna sesuai dengan kondisi alam. Secara natural air terjun di tempat ini putih kebiruan atau juga berwarna toska kehijauan.

Kondisi airnya sekilas mirip dengan warna air di tempat wisata Kawah Putih Ciwidey di Bandung, tak mengherankan jika airnya tak seperti air terjun biasa karena Sumber Air Terjun Mangku Sakti dan Mangku Kodek berasal dari kawasan Danau Segara Anak di pegunungan Rinjani. Alasan utama air terjun ini memiliki warna yang unik karena ada campuran belerang dalam kandungan air tersebut.

Namun, ketika musim hujan datang, warna dari air terjun ini berubah warna menjadi coklat karena campuran tanah dan lumpur dari sumber air terjun. Maka, sebelum memutuskan untuk datang ke tempat ini, pastikan kamu datang saat cuaca benar-benar cerah. Tentunya selain dapat menjadikan air terjun sebagai latar foto yang cantik, tak akan ada kendala yang berarti jika kamu datang saat cuaca benar-benar mendukung untuk liburan.

Termasuk dalam kawasan hutan belantara, kamu setidaknya akan dipaksa untuk berolahraga untuk sampai ke lokasi air terjun ini. Bahkan wisata ke lokasi yang menawarkan pemandangan dua air terjun ini cukup terbilang jauh dan juga melelahkan. Oleh karenanya, kamu disarankan untuk mencari destinasi lain yang searah dengan wisata Air Terjun Mangku Sakti dan Mangku Kodek.

Jika kamu hanya datang untuk satu tempat ini, waktumu akan banyak terbuang sia-sia karena paling tidak perjalanan dari Kota Mataram untuk sampai ke daerah Sembalun saja bisa memakan waktu 2-3 jam perjalanan. Belum lagi kamu harus menyewa ojek untuk sampai di area air terjun. Bahkan perjalanan tidak berakhir semudah itu saja, kamu masih perlu berjalan kaki sekitar 20-30 menit hingga akhirnya benar-benar sampai di lokasi air terjun.

Meski cukup makan banyak waktu dan tenaga, wisatawan yang memutuskan untuk mendatangi tempat ini tak pernah kecewa dengan pemandangan yang ditawarkan. Bahkan tak sedikit artis ibukota yang rela datang ke salah satu air terjun terbaik di Pulau Lombok ini. Jadi, kamu tak perlu buru-buru untuk segera beralih ke tempat lain. Nikmati saja dulu segarnya Air Terjun Mangku Sakti dan pemandangan sekitarnya.

Berkeinginan untuk segera datang untuk menyegarkan mata di tempat ini tapi harga tiket mahal ? Asal kamu pintar mencari peluang kamu bisa manfaatkan promo tiket ke Lombok yang bisa kamu dapat dengan mudah secara online lewat ponselmu.

Jika sudah berhasil datang ke tempat ini, sebaiknya kamu tak hanya mengambil foto dan bermain air di spot Mangku Sakti, Air Terjun Mangku Kodek sudah menanti mu di tempat lain. Air Terjun Mangku Kodek berada di undakan bawah tak jauh dengan lokasi utama Air Terjun Mangku Sakti.

Lokasi kedua yakni Air Terjun Mangku Kodek memiliki daya tarik lain tak seperti Mangku Sakti yang berupa air terjun dengan ketinggian mencapai 40 meter. Air terjunnya terbilang lebih pendek tetapi berada diantara batu-batu besar. Aliran airnya berada dalam liukan-liukan batu yang memberikan pemandangan yang tak biasa.

Bagi kamu yang benar-benar doyan dengan petualangan dan senang dengan suasana segar area hutan, tak ada salahnya memesan pesawat Garuda Indonesia menuju Lombok lalu segera mengendakan petualanganmu menemukan surga di kaki Pengunungan Rinjani ini. Bahkan, kamu bisa mendapat promo tiket ke Lombok lainnya yang bisa kamu dapat dengan membuka situs booking pesawat pilihanmu.

Dengan memilih Air Terjun Mangku Sakti dan Mangku Kodek hasrat bertualang mu akan benar-benar terpenuhi. Jangan lupa untuk menyiapkan beragam kebutuhan yang menunjang selama perjalanan. Selain itu, perbekalan makanan pun jangan sampai terlupa karena tentunya tak ada yang berjualan di tengah hutan seperti di lokasi air terjun.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.