Hal-hal Menarik Pada Sistem Pendidikan di Luar Negeri

Pendidikan ialah salah satu komponen yang teramat penting untuk memperoleh ilmu dan pengetahuan. Setiap negara pun memiliki tingkat pendidikan yang berbeda, dimulai dari yang paling dasar hingga yang paling tinggi. Pada fokus ini, pendidikan yang berbeda itu pun tak selalu bisa diterapkan di satu negara dengan negara yang lainnya. Secara pasti akan ada sisi lebih dan juga sebaliknya. Termasuk pada sistem pendidikan di luar negeri yang berbeda jauh dengan sistem pendidikan Indonesia. Seperti apapun perbedaan ini, semua pasti akan ada pengaruh baiknya.

 

Adanya perbedaan pada sistem pendidikan di setiap negeri pun, dapat membuat pihak tertentu untuk mengikuti sekolah di luar negeri. Tujuannya pun beragam, salah satunya ialah mendapatkan sistem pendidikan yang berbeda, entah itu lebih fokus ataupun lebih santai. Bahkan, sistem pembelajaran ini pun yang paling sering terjadi ialah pendidikan di bangku kuliah, yang termasuk pada program pendidikan tingkat atas.

 

Perbedaan sistem pembelajaran ini pun bisa diketahui secara pasti dengan adanya kegiatan tukar pelajar. Yaitu dengan mengundang pelajar dari luar negeri untuk mengikuti pembelajaran di negeri ini, begitu juga dengan sebaliknya. Hal ini pun berlaku pada tempo waktu tertentu, jadi tidak selama, hanya beberapa waktu saja, sesuai dengan request di program itu. Pelaksanaan program ini pun tak selalu diterapkan di semua sekolah, hanya di beberapa sekolah dengan kriteria tertentu saja serta dengan surat izin.

 

Teruntuk beberapa perbedaan atas sistem pembelajaran di Indonesia dan di luar negeri ini sangatlah berbeda jauh. Dimana beberapa kegiatan pembelajaran di luar negeri itu bisa meliputi:

 

  • Sekolah di hari senin sampai jumat, sabtu dan minggu libur atau disebut dengan weekend.
  • Mata pelajaran yang diajarkan sedikit namun pada fokus yang lebih banyak atau disebut dengan mempelajari banyak hal pada sedikit bidang. Sehingga, apa yang dipelajarinya lebih fokus dan banyak.
  • Jam belajar yang berbeda.
  • Adanya pilihan jam sekolah serta jam libur sekolah, sehingga ada jeda untuk refreshing.

 

Dari beberapa perbedaan tersebut, masih terdapat beberapa perbedaan yang lainnya. Yang mana sistem belajar yang diterapkan pada setiap pendidikan itu tak sama. Termasuk pada target kemampuan yang harus dimiliki oleh masing-masing siswa. Ini pun akan masuk pada kebijakan bersama, dan yang seringkali terjadi ialah penetapan skor dikala ujian Nasional yang melingkup pada ujian di satu negara itu. Sekalipun pada nantinya di masing-masing wilayah akan memiliki batas yang lebih berbeda lagi. Hal ini pun memberikan tantangan tersendiri untuk lebih meningkatkan prestasi dalam suatu pendidikan.

 

Begitu pula dengan adanya study abroad yang menjadi salah satu bentuk untuk meningkatkan prestasi. Ini pun menjadi salah satu bentuk pertimbangan proses pembelajaran di negara lain. Kemudian ketika kembali ke negara asal, akan diperoleh ilmu pengetahuan yang lebih dari sebelumnya. Kegiatan ini pun bisa menjadi yang mempererat hubungan pendidikan dari negara asal dengan negara yang dituju. Termasuk pada kegiatan untuk belajar lebih baik lagi dari negara lain. Bahkan, di Indonesia ini pun juga melakukan pertukaran pelajar dengan tujuan yang jauh lebih baik lagi, termasuk pada fokus untuk meningkatkan pembelajaran yang lebih mudah dipahami. Sehingga, para peserta yang diminta untuk melakukan program ini pun ialah mereka yang memiliki prestasi lebih. Jadi, ketika di negara luar tersebut, mereka bisa lebih menyesuaikan terhadap pembelajaran yang ada.

Tinggalkan Balasan