KELEBIHAN SAMPAH ORGANIK

Sampah memang kata yang cukup akrab dimasyarakat pada ummnya. Sampah merupakan masalah bagi banyak orang, sebenarnya sampah pun dapat bersahabat jika kita dapat mengelolahnya dengan baik. Sampah memiliki dua kemungkinan yaitu sampah anorganik dan sampah yang organik. Sampah organik lebih akrab dan dikenal masyarakat sebagai sampah rumah tangga, selain itu sampah ini sebenarnya hasil dari penyusutan bahan-bahan yang berasal dari tumbuhan dan hewan. Pada dasarnya jenis sampah ini memang memiliki dua jenis kategori, yaitu; kategori sampah hijau dan sampah hewan.

Sampah hijau, merupakan sampah yang hampir paling sering ditemukan. Sampah ini, dijumpai dirumahan misalnya, karena sering juga disebut sampah dapur contohnya seperti; kulit buah, wortel, makanan sisa(nasi, dll), ampas kelapa,sayuran, daun-daunan, kulit terong, kulit pisang,labuh siam, kulit semangka,dll. Smpah-sampah hijau ini semuanya merupakan sampah nabati.

Sedangkan, sampah hewan merupakan sampah yang berasal dari unsur-unsur hayati ( hewan), contohnya saja;kulit udang, tulang ayam,, kulit telur, tulang sapi dan lain-lain. Sampah-sampah ini dapat berasal dari pertanian, perikanan, sisa makanan, dan lain-lain.

Sampah organik teritung mudah diuraikan dan gampang hancur, oleh sebab itu pengeolaannya cukup mudah. Sampah inipun cukup bagus untuk kesuburan tanah. Oleh sebab itu, sampah ini sering diolah dan diproses juga melalui teknik-teknik pengolahan sampah yang berbeda dengan sampah anorganik yang nantinya akan dijadikan pupuk kompos.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.