Hal Penting Sebelum Membeli Tanah

Hal Penting Sebelum Membeli Tanah

Tanah salah satu aset properti yang tidak kalah menarik dari bangunan, karena harga tanah setiap tahunnya akan terus meningkat.  Saat hendak membeli tanah, banyak hal yang harus anda perhatikan, bahkan penting untuk anda perhatikan. Jangan dahulu terburu membeli tanah terlebih karena tanah dijual yang murah.

Meski tanah yang dijual cukup menggiurkan dan tidak sulit untuk medapatkannya, namun ternyata tanpa disadari terdapat kerugian yang cukup fatal jika Anda tidak teliti mengecek seluk beluk tentang tanah tersebut hingga tentang persoalan surat-surat dari tanah tersebut.

Beberapa hal yang penting untuk anda ketahui sebelum membeli tanah ialah:

  1. Lokasi Tanah
    Dimanakah lokasi tanah tersebut? Cek sendiri lokasi tanah tersebut. Dengan melihat dengan mata anda sendiri maka anda dapat memutuskan apakah lokasi tanah tersebut strategis, apakah akan ada kemungkinan peningkatan harga dalam beberapa tahun? Hal tersebut harus dapat anda perkirakan sebelum membeli tanah dilokasi tertentu.
  2. Periksa Surat Tanah
    Surat tanah salah satu yang terpenting sebelum membeli tanah, kepemilikan surat akan tanah tersebut membuktikan bahwa tanah tersebu tidak dalam keadaan sengketa. Maka untuk menghindarinya anda harus memastikan tanah dijual yang akan anda beli berkepemilikan secara resmi.Nah tidak selesai disitu, anda juga harus memperhatikan surat tersebut diatas namakan siapa? Apakah nama yang tertera diatas surat tersebut masih dalam keadaan hidup atau tidak?

    Berdasarkan pengalaman membeli tanah yang pemilik resmi sebelumnya sudah meninggal dunia maka urusan pemindahan surat atas nama anda akan sulit, dan memakan biaya lebih banyak dari biaya normal.

  3. Cek Kebenaran Surat
    Sebelum memutuskan untuk membeli tanah tersebut, anda bersama dengan izin dari pihak jual tanah dapat memeriksa kebenaran akan surat tersebut juga perlu untuk anda periksa, untuk ini anda bisa meminta bantuan jasa kepada pejabat pengurusan akta tanah atau PPAT. Dokumen tersebut akan dicek ke Badan Pertanahan Nasional untuk dilihat secara rinci status tanah tersebut.Hal ini untuk memberika keamana kepada anda pihak pembeli, bahwa tanah yang anda beli tidak dalam sengketa atau masalah lainnya, karena anda sebagai pembeli apa maksud dan tujuan yang sebenarnya tanah dijual tersebut.

Setelah ketiga poin diatas terpenuhi dengan benar maka dapat anda lanjutkan ke tahap pembelian tanah, yang paling penting ialah hindari membeli tanah karena harga tanah dijual murah tanpa memperhatikan poin-poin penting diatas.

Tinggalkan Balasan