Cara Mudah Menghubungkan Kamera Drone dengan Smartphone Android

Cara Mudah Menghubungkan Kamera Drone dengan Smartphone Android

Bagi sebagian besar orang drone masih merupakan benda yang kurang familiar digunakan oleh masyarakat. Namun akhir-akhir ini teknologi yang satu ini seakan booming di masyarakat terutama bagi penyelenggara berbagai event maupun acara yang memerlukan dokumentasi dari atas udara dengan alat canggih yang satu ini. Penggunaan drone sebagai hobi akhir-akhir ini memang banyak diminati dari berbagai kalangan. Jika dahulu kegunaan drone hanya terbatas untuk kegiatan militer namun saat ini berbagai kalangan sudah bisa menggunakannya. Bagi beberapa pengguna drone tentu sudah memiliki pemahaman dan pengetahuan menerbangkan pesawat tak berawak yang satu ini. Drone memiliki empat baling-baling dengan berbagai ukuran serta model. Beberapa perangkat drone sudah dilengkapi dengan kamera. Kamera tersebut itulah yang nantinya akan sangat membantu untuk menangkap objek foto maupun untuk merekam video dari atas udara. Namun sayangnya banyak yang belum mengetahui bagaimana cara memanfaatkan kamera drone tersebut.

Bagi pengguna drone untuk keperluan profesional seperti fotografi maupun jurnalistik tentu akan sangat membutuhkan peran dari kamera pada drone. Kamera yang berkualitas akan sangat mendukung untuk mendapatkan gambar dengan hasil yang bagus dan semaksimal mungkin. Perlu Anda ketahui bahwa drone menyediakan fitur untuk melakukan koneksi dengan beberapa perangkat Android baik itu smartphone maupun tablet PC melalui Wifi. Sehingga hal ini memungkinkan Anda untuk melihat tampilan mata kamera di atas udara secara langsung melalui perangkat Android Anda tersebut. Namun sebelum Anda bisa melakukannya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan persiapkan. Koneksi drone pada Android ada dua jenis. Yang pertama adalah dengan koneksi internet, sedangkan yang kedua tanpa koneksi internet. Kedua jenis koneksi tersebut memiliki kekurangan serta kelebihan masing-masing.

Untuk melakukan koneksi kamera drone dengan smartphone Android, Anda bisa melakukan koneksi jenis offline yaitu dengan menggunakan Wifi. Untuk itu Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini, yaitu:

  1. Download aplikasi FVP pada smartphone Android yang disesuaikan dengan merk dan seri drone yang Anda gunakan.
  2. Lakukan penginstalan aplikasi tersebut pada smartphone Android Anda.
  3. Hidupkan atau nyalakan drone Anda.
  4. Buka menu setting pada smartphone Android, kemudian aktifkan Wifi.
  5. Tunggu untuk beberapa saat hingga Wifi drone terdeteksi.
  6. Lakukan koneksi Wifi smartphone Android dengan drone.
  7. Setelah itu buka aplikasi FVP yang telah selesai didownload tadi.
  8. Gambar mata kamera pada drone akan ditampilkan secara otomatis pada layar smartphone Android Anda.

Beberapa langkah tadi terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Dengan langkah ini Anda tidak perlu membeli alat display kamera untuk drone untuk melihat tampilan mata kamera pada drone yang Anda miliki. Selain itu juga akan menghemat dibandingkan dengan harus membeli alat display secara terpisah. Namun untuk menghasilkan hasil gambar yang bagus tentu kualitas dari kamera drone sangat mempengaruhi. Banyak sekali drone yang dijual baik di toko online maupun konvensional yang menawarkan berbagai drone dengan kualitas kamera yang berbeda-beda.

Saat ini bagi anak muda, drone memang sedang populer untuk memotret gambar maupun merekam video dari ketinggian dengan lebih mudah. Dengan menggunakan remote control serta baterai, peralatan yang satu ini bisa dioperasikan dengan mudah. Namun bagi pemula tentu harus banyak berlatih dan menambah pengetahuannya terlebih dahulu untuk dapat menerbangkan pesawat tanpa awak yang satu ini. Mengingat durasi menerbangkan drone yang rata-rata hanya berkisar 15 menit saja.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.