Jenis Bahan Daur Ulang Sampah

Jenis Bahan Daur Ulang Sampah. Jika dilihat dari manajemen daur ulang sampah pasti kita akan mengenal konsep dari Reduce, Reuse, Recycle, Replace dan Repair. Beberapa konsep tersebut mempunyai pengertians ebagai berikut :

Pertama adalah dari Reduce yang mempunyai pengertian untuk dapat mengurangi sampah yang kita hasilkan dari penggunaan bahan-bahan yang dapat merusak lingkungan. Beberapa cara dapat kita lakukan yaitu dengan cara mengurangi belanja barang yang tidak perlu.

Kedua Reuse adalah berarti menggunakan kembali barang-barang yang dapat digunakan. Sebagai contoh adalah kita bisa untuk dapat masih menggunakan kendaraan yang masih dapat digunakan misalnya adalah seperti sepeda motor.

Ketiga adalah Recycle. Konsep ini adalah bagaimana untuk dapat menadur ulang sampah menjadi barang yang dapat kita gunakan. Salah satu contohnya adalah dengan mencoba mendaur ulang bekas dari botol plastic air minum yang bisa kita ubah sebagai pot tanaman. Kita juga dapat mendaur ulang kertas bekas untuk dapat digunakan sebagai bahan kerajinan tangan.

Kita perlu untuk dapat memahami bahwa pengertian dari sampah organic yaitu adalah merupakan sampah yang terbuat dari bahan penyusun tumbuhan dan juga hewan dan berasal dari alam atau juga dapat dihasilkan dari sebuah kegiatan pertanian, perikanan dan sebagainya. Jenis sampah ini adalah merupakan contoh bahan sampah yang dapat lebih mudah untuk dapat diuraikan dengan proses yang alami.

Contohnya dari jenis bahan daur ulang sampah rumah tangga adalah seperti bahan oragnik yang biasanya tersebut dari sayuran, kulit buah dan juga daun. Jenis sampah ini mudah untuk dapat membusuk atau hancur secara alami. Selain dari jenis sampah organic, kita juga dapat melihat sampah anorganik yang juga berasal dari jenis tumbuhan sumber daya alam yang tidak terbarui seperti minyak bumi dan mineral. Kita perlu untuk melihat bahwa sebagian dari zat anorganik tersebut secara keseluruhan tidak dapat diuraikan oleh alam dan sebagian lainnya dapat diuraikan tetapi membutuhkan proses yang juga cukup lama.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.