Tips Agar Belanja via Internet Lebih Aman

Kegiatan belanja merupakan sangatlah digandrungi, terutama di kalangan kaum hawa. Mengitari mall dan pusat perbelanjaan, membeli berbagai barang, bagi beberapa orang merupakan kesenangan tersendiri. Di zaman internet ini, melakukan kegiatan belanja semakin mudah saja karena tidak perlu bagi kita untuk keluar rumah. Cukup dengan sambungan internet dan perangkat teknologi seperti komputer jinjing, komputer pribadi, atau smartphone, kita bisa berbelanja.

 

Belanja tanpa keluar rumah? Ya, sekarang ini, cukup dengan satu klik dari mouse, Anda sudah bisa membeli barang yang diinginkan. Salah satu situs belanja online via internet yang menjual beragam jenis barang adalah www.blanja.com, di situs ini tersedia beragam jenis produk, mulai dari baju, sepatu, barang-barang pokok, bahkan mobil sekalipun. Berbelanja lewat internet peminatnya terus bertambah, dan dengan semakin mudahnya akses internet yang tersedia dari hari ke hari, tidaklah heran jika pelaku belanja secara online akan terus menanjak.

 

Keuntungan utama dari berbelanja lewat internet adalah kepraktisan nya. Anda tidak perlu repot keluar rumah, cukup pilih barang yang diinginkan, masukkan pesanan, dan transfer pembayaran, maka Anda bisa santai menunggu sampai barang pesanan datang. Tetapi sebagaimana semua tren lainnya, berbelanja lewat internet pun mempunyai sisi gelapnya tersendiri, dan inilah yang harus Anda waspadai.

 

Sering kita mendengar terjadinya penipuan yang berkedok transaksi online dan sebagainya, yang mengakibatkan korbannya mengalami kerugian sangat banyak. Karena itulah, Anda perlu waspada dalam melakukan belanja secara online. Beberapa caranya adalah:

blanja.com

 

  1. Periksa apakah situs tempat Anda akan berbelanja itu benar-benar legit dan terpercaya. Sudah banyak orang yang tertipu karena ternyata situs tempat mereka membeli itu palsu, jadi cari informasi dari orang-orang yang sudah pernah membeli. Anda juga bisa mengecek nomor telepon penjual yang biasanya tercantum.
  2. Baca tentang peraturan dari situs belanja tersebut secara teliti. Tinggalkan saja jika situs tersebut menyatakan bahwa mereka berhak memberikan data pribadi pelanggannya pada pihak lain.
  3. Risiko dari membeli barang di internet adalah tidak bisa melihat fisiknya secara langsung, jadi cermatilah kebijakan situs dalam pengembalian barang, apakah bisa mengembalikan barang cacat atau mendapat ganti rugi.
  4. Jangan tergiur dengan tawaran barang berharga murah dari email-email yang mungkin masuk di inbox Anda. Selalu belanja langsung dari situs aslinya untuk mencegah terjadinya penipuan.
  5. Perhatikan alamat situs tersebut saat hendak memasukkan data diri. Jika menggunakan “https” atau “shttp” dan ada tanda gemboknya, itu berarti situs tersebut sudah di enkripsi dan lebih aman.
  6. Simpan bukti dari transaksi yang sudah Anda lakukan, agar jika sewaktu-waktu terjadi masalah, Anda bisa menunjukkannya.

 

Yang pasti, saat melakukan belanja secara online, pencegahan awal untuk terjadinya kejahatan ada di tangan Anda sendiri. Pastikan bahwa anti virus di komputer Anda selalu up to date agar bisa mendeteksi malware dan spyware yang hendak menginfeksi komputer. Jangan pernah matikan firewall di komputer Anda. Selalu berhati-hatilah dalam memilih tempat belanja.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.