Energi Alternatif, Solusi Pemadaman Bergilir

Hampir semua peralatan untuk aktivitas manusia tidak bisa dilepaskan dari listrik. Mulai peralatan kerja sampai dengan hiburan, semua membutuhkan listrik. Meski beberapa peralatan mampu menyimpan sejumlah tenaga listrik dalam baterai, yang kemudian dimanfaatkan sebagai energi. Namun tetap saja kebutuhan listrik harus terpenuhi dahulu. Karena itulah listrik merupakan kebutuhan yang vital di era modern ini. Sayangnya banyak pembangkit listrik energi alternatif belum dimanfaatkan secara maksimal.padahal ada banyak sumber-sumber tenaga listrik yang ada di sekitar. Misalnya tenaga listrik yang memanfaatkan air, sinar matahari ataupun angin. Sumber-sumber listrik alternatif tersebut dapat mengatasi kelangkaan listrik, yang menjadi penyebab pemadaman bergilir. Sayang di Indonesia masih jarang yang memanfaatkan alternatif tersebut.

Pemadaman listrik bagi seseorang mungkin menyebalkan, tapi bagi sebuah perusahaan hal tersebut membawa dampak yang buruk. Hampir semua peralatan kerja di perusahaan menggunakan listrik, semisal komputer serta peralatan pesentasi. Pemadaman listrik dapat membuat aktivitas perusahaan benar-benar terhenti. Akibatnya kerugian hingga jutaan rupiah menanti untuk satu jam pemadaman listrik saja. Karena itu banyak perusahaan besar yang bermitra dengan perusahaan penyedia jasa listrik alternatif untuk mendukung kebutuhan energi listrik. Hal ini dapat terlihat dari perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur ataupun pertambangan. Dimana kebutuhan listrik dalam jumlah yang besar merupakan hal yang mutlak.

Salah satu perusahaan yang menyediakan jasa pembangkit tenaga listrik yaitu Sewatama. Sewatama sendiri memiliki 2 anak perusahaan yaitu PT Nagata Bisma Shakti dan PT Pradipa Aryasatya. Keduanya bergerak dalam memenuhi kebutuhan listrik perusahaan-perusahaan besar seperti manufaktur ataupun pertambangan. Sewatama merupakan patner perusahaan yang baik, karena memiliki banyak pembangkit listrik yang menggunakan energi alternatif. Mulai dari pembangkit listrik tenaga air, hingga pembangkit listrik tenaga panas bumi. Selain itu, Sewatama juga menyediakan jasa penyewaan pembagkit listrik sementara, Temporary Power, untuk perusahaan-perusahaan yang membutuhkan listrik dalam jumlah yang besar. Selain jasa pembangkit listrik, Sewatama juga memiliki jasa audit energi, manajemen energi listrik, hingga layanan perawatan kepada perusahaan.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.