Merawat Pintu Mobil Agar Tahan Lama Ternyata Tidak Sulit

Merawat Pintu Mobil Agar Tahan Lama Ternyata Tidak Sulit

Pintu mobil merupakan salah satu komponen yang kerap diabaikan. Padahal komponen yang satu ini paling sering bersentuhan dengan Anda ketika mobil digunakan. Pintu mobil juga bisa mengalai kerusakan seiring dengan bertambahnya usia mobil.

Merawat pintu mobil sebenarnya tidak sulit. Anda bisa melakukan beberapa hal ini supaya pintu mobil Anda senantiasa terawat dan mudah rusak:

Jangan Memarkirkan Mobil di Tempat Panas

Ketika akan memarkirkan mobil, sebaiknya Anda tidak memilih lokasi yang terkena sinar matahari langsung. Karena sinar matahari dapat membuat cat pada pintu mobil jadi kusam. Selain itu, karet pada kaca mobil juga lebih mudah getas kalau sering terkena sinar matahari. Memarkirkan mobil di tempat teduh ternyata bisa membuat pintu mobil jadi lebih awet.

Memberi Minyak Pelumas pada Engsel Pintu

Engsel pintu mobil yang kekurangan pelumas bisa menyebabkan pintu jadi sulit digerakkan. Akibatnya, Anda akan kesulitan keluar masuk mobil karena pintunya rusak. Sebaiknya Anda menyiasatinya dengan cara memberikan minyak pelumas pada engsel mobil. Gunakan minyak pelumas dengan kemasan semprot supaya Anda bisa melapisi seluruh engsel pintu mobil secara mudah.

Memperhatikan Komponen Pengunci Pintu

Komponen pengunci pintu mobil juga bisa berkarat dan macet hingga tak dapat digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa membersihkan pengunci pintu mobil secara berkala. Jangan lupa menyemprotkan sedikit minyak pelumas agar pergerakan komponen tersebut tetap lancar. Anda pun tak akan mengalami kendala ketika mengunci mobil.

Memperbaiki Kaca Mobil yang Miring

Kaca pintu mobil yang miring memang susah digerakkan. Anda bisa memperbaiki kaca tersebut sendiri tanpa harus ke bengkel. Caranya, naikkan kaca mobil hingga mencapai posisi setengah terbuka. Selanjutnya, kendurkan dua baut pengimbang yang terdapat di bagian bawah kaca. Bila sudah melakukan hal tersebut, dorong kaca ke arah belakang dan kencangkan kembali dua baut pengimbangnya. Kaca mobil Anda akan segera kembali ke posisi yang tepat.

Selain memperhatikan komponen-komponen kecil, urusan asuransi mobil juga patut menjadi perhatian Anda. Pilih asuransi mobil yang bagus untuk melindungi mobil Anda dari risiko tak terduga. Sehingga risiko kerusakan atau mobil hilang tak akan mengganggu kondisi finansial bila Anda sudah mendapatkan perlindungan menyeluruh dari asuransi mobil. Mari menghitung pengeluaran rutin dan menyisihkan budget khusus untuk asuransi mobil yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.