Posisi Mengendarai Mobil yang Tepat bagi Pengendara Wanita

Posisi Mengendarai Mobil yang Tepat bagi Pengendara Wanita

Mobil kesayangan  yang berkualitas adalah mobil yang nyaman untuk dikendarai. Jadi, memilih mobil bukan hanya faktor ukuran dan desain saja namun juga patut memperhatikan faktor kenyamanan. Sebab mobil yang nyaman membuat siapa saja jadi lebih leluasa mengemudi dalam untuk waktu yang lama, termasuk kaum wanita.

Varian mobil yang berkualitas bisa didapatkan dengan mudah di Mobil123.com. Selanjutnya, kaum wanita harus mengatur sendiri kondisi mobil dan posisi duduk agar tetap nyaman mengemudi. Alangkah baiknya jika para wanita mengatur posisi berkendara seperti panduan ini untuk meningkatkan rasa nyaman di mobil :

Mengatur Posisi Kursi Mobil

Pengaturan posisi kursi mobil adalah hal yang wajib diperhatikan sebelum mulai berkendara. Sebab biasanya setiap pengemudi mobil memiliki standar kenyamanan yang berbeda ketika mengemudi. Mengatur posisi kursi mobil akan membuat punggung, kaki, dan tangan merasa nyaman dan mudah menjangkau kemudi.

Posisi kursi yang benar membuat tangan pengemudi mudah menjangkau setir, persneling dan dashboard panel. Sehingga gerakan selama mengemudi jadi lebih leluasa dan tidak menurunkan tingkat konsentrasi.

Posisi Kepala Ketika Mengemudi

Posisi kepala harus tegak saat mengemudi agar jangkauan pandangan menjadi lebih luas. Untuk membuat posisi kepala tetap tegak, sebaiknya posisi sandaran kepala berada tepat di belakang kepala. Karena posisi kepala yang terus menerus tegak akan membuat wanita mudah lelah saat mengemudi, maka sandaran kepala akan membantu membuat leher menjadi lebih rileks.

Jangan Mencengkeram Setir

Salah satu kebiasaan keliru yang kerap dilakukan wanita ketika mengemudi adalah mencengkeram setir. Yang dimaksud dengan mencengkeram adalah posisi ibu jari dan keempat jari lainnya bertemu seakan sedang menggenggam sesuatu.

Padahal posisi tangan seperti itu bisa membuat pengemudi kesulitan bermanuver dan berisiko menyebabkan tangan terpelintir ketika setir berbalik arah usai dibelokkan. Solusinya, tempatkan ibu jari tetap sejajar dengan setir bagian atas. Hal ini membuat keempat jari tangan lainnya lebih leluasa membelokkan setir.

Perhatikan Jarak Pandang yang Bisa Dijangkau

Mengemudi dengan kondisi yang nyaman dan baik adalah mengemudi dengan jangkauan mata yang leluasa. Letak spion tengah, kiri, dan kanan harus mudah dijangkau oleh pandangan mata. Jadi, sebelum mulai mengemudi jangan lupa untuk mengatur kembali posisi spion mobil. Supaya kondisi jalanan di belakang mobil bisa dipantau dengan mudah oleh pandangan mata.

Bila kaum wanita sudah memahami dan menerapkan posisi yang tepat saat mengendarai mobil, tentu aktivitas mengemudi jadi terasa nyaman dan menyenangkan. Menempuh jarak yang jauh pun tak lagi terasa menyulitkan.

Sumber:

otomotif.tempo.co/read/news/2011/06/14/123340738/inilah-posisi-mengemudi-yang-tepat

doktersehat.com/menjaga-kesehatan-tubuh-meskipun-sering-duduk-di-mobil/

sekedarcatatan.net/2015/06/28/jangan-cuma-bisa-bawa-mobil-nih-posisi-mengemudi-yang-benar/

Waktu akses: 13 April 2016

Tinggalkan Balasan