Pengertian Susu Evaporasi Dan Penjualannya

Pengertian Susu Evaporasi Dan Penjualannya

Pada hakekatnya susu evaporasi adalah susu yang memiliki tekstur kental karena kadar airnya sudah berkurang beberapa persen. Ini karena susu evaporasi sendiri berasal dari susu cair yang sudah melalui tahap pemanasan dengan intensitas suhu yang cukup tinggi, secara fisik memang susu jenis ini sama dengan SKM(susu kental manis), tetapi susu evaporasi sendiri tidak memakai bahan pengawet.  Proses pemanasan berugan untuk mematikan mikro organisme yang terkandung didalam susu segar. Jadi mau disimpan selama satu tahun juga susu evaporasi ini tetap bagus kualitasnya dan awet. Ada dua jenis susu evaporasi yang dapat Anda beli di pasaran yakni sweetened, dan unsweetened. Anda pastinya mengenal susu sweetened alias susu kental manis. Sesuai namanya, Susu evaporasi unsweetened adalah susu evaporasi yang sesungguhnya. Kalau suatu produk menuliskan susu evaporasi, maka yang dimaksud dari produk tersebut adalah  susu evaporasi unsweetened ini, ya. Susu unsweetened tidak mengandung bahan campuran sehingga terasa tawar seperti susu cair.

Rata-rata susu evaporasi unseweeted di produksi oleh F&N Evaporated Milk yang beredar di Indonesia biasanya impor dari Malaysia, dan di jual disitus tokowahab.com, Harga jual susu evaporasi FN bervariasi, untuk kemasan kaleng isi 380 gram harga ecerannya berkisar antara Rp 11.500 hingga Rp 22.000. Tersedia pula susu evaporated fn kemasan 1 dus isi 48 kaleng @380 gr yang dijual sekitar Rp 590 ribuan hingga Rp 570 ribuan per kardus. Produk susu evaporasi F&N bisa dibeli di supermarket yang menjual produk-produk impor, toko supplier bahan kue, atau jika Anda kesulitan menemukannya di toko-toko terdekat, Anda juga bisa membeli susu evaporasi F&N secara online di tokowahab.com.

Meskipun susu jenis ini di klaim sebagai produk susu yang awet disimpan cukup lama, penyimpanan susu evaporasi FN tetap harus dilakukan secara cermat. Jika dalam kondisi kaleng tertutup dan belum dibuka segelnya, susu evaporasi dapat Anda simpan dalam suhu ruang yang gelap dan teduh sampai setahun lamanya. Untuk susu evaporasi yang kemasannya telah terbuka, Anda dapat menyimpannya di kulkas atau freezer. Susu jenis ini dapat di simpan di ruang pendingin dengan suhu di sekitar 10 derajat celcius. Agar tidak membusuk atau ditumbuhi jamur, pastikan untuk memindahkan susu evaporasi ke dalam wadah kedap udara dan kering sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, lalu gunakan susu tersebut sebelum 1-2 minggu.

Tetapi jika Anda tidak berencana untuk menggunakannya dalam waktu dekat, maka sebaiknya simpan susu evaporasi F&N dalam freezer. Jika Anda simpan dalam pendingin susu evaporasi dapat bertahan hingga 6 minggu. Untuk menggunakannya, Anda bisa melakukan proses thawing, yakni memasukkannya dalam kulkas selama 24 jam, baru kemudian siap untuk dipakai dalam adoan kue atau sebagai bahan makanan rumah anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.