Ini Dia 4 Tips Pola Hidup Sehat Yang Sesuai Dengan Ajaran Agama Islam

Ini Dia 4 Tips Pola Hidup Sehat Yang Sesuai Dengan Ajaran Agama Islam

Seperti yang kita ketahui bahwa penduduk Indonesia merupakan pemeluk Islam terbesar dan terbanyak di dunia. Maka dari itu, sudah seharusnya kita sebagai umat Muslim untuk meneladani pola hidup dari Rasulullah SAW. Ya, Rasulullan SAW memang layak untuk kita teladani, karena beliau telah menerapkan kedisiplinan, kejujuran, sopan santun, hingga pola hidup sehat. Nah, bagi kalian yang belum mengetahui tentang pola hidup sehat ala Rasulullah SAW, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membeberkan beberapa tips pola sehat ala Rasulullah SAW. Tanpa banyak panjang lebar lagi, berikut dibawah ini ada 4 tips pola hidup sehat yang sesuai dengan ajaran agama Islam :

  1. Mengonsumsi Makanan Halal

Ada beberapa jenis makanan halal favorit Rasulullah SAW seperti buah kurma, buah zaitun, ikan, buah anggur, roti gandum, biji-bijian, daging, sayuran, susu, dan sebagainya. Disamping itu, Baginda Rasulullah SAW juga selalu sarapan pagi dengan air putih yang ditambahkan dengan satu sendok madu murni. Secara ilmu medis, air putih dan madu murni berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan serta membersihkan lambung. Mengingat akan hal tersebut, sudah sepantasnya mulai saat ini kita mencontoh baginda Rasulullah SAW.

  1. Makan Tidak Berlebihan

Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik. Begitu pun dalam aktivitas makan, dimana Rasulullah SAW tidak pernah makan secara berlebihan. dalam hal ini, Rasulullah juga pernah menyampaikan bahwa kita harus makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.

  1. Cepat Tidur dan Bangun Lebih Awal

Rasulullah SAW melarang keras kaum Muslimin dan Muslimah untuk bergadang. Beliau sendiri biasa tidur selepas Isya, yakni sekitar pukul 21.30 dan bangun pada 1/3 malam atau jam 3 subuh untuk melaksanakan Shalat Tahajud. Disamping itu, Rasulullah juga melarang umatnya untuk tidur lagi setelah selesai melaksanakan Shalat subuh. Bahkan, beliau menyarankan umatnya untuk melakukan aktivitas olahraga secara rutin dan teratur.

  1. Mematuhi Perintah Allah

Ini dia hal terakhir yang tidak bisa ditolak oleh umat Muslim diseluruh dunia, dimana kita harus mematuhi perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Demikianlah ulasan mengenai 4 tips pola hidup sehat yang sesuai dengan ajaran agama islam. Mengingat keterbatasan waktu yang tersedia, dengan terpaksa kita akhiri dulu perjumpaannya sampai disini saja.

Tinggalkan Balasan