Begini Cara Mengatasi Alergi Anak

Begini Cara Mengatasi Alergi Anak

Alergi dapat menjangkit siapapun dan dalam usia berapapun. Termasuk anak-anak sebagai kelompok usia yang paling banyak menderita alergi. Namun sebelum lebih jauh, apakah Anda sudah mengetahui apa itu alergi? Alergi secara sederhana adalah respon yang berlebihan dari sistem kekebalan tubuh terhadap alergen (faktor pemicu alergi) atau zat asing yang dianggap berbahaya. Pemicu alergi juga terbagi ke dalam beberapa kategori, di antaranya dari faktor konsumsi yang meliputi makanan, minuman, bahkan obat-obatan. Kemudian kategori hirup yang meliputi debu, tungau debu, sampai serbuk bunga dan bulu halus. Semua itu dapat mengancam kesehatan anak. Lalu bagaimana cara mengatasi alergi anak sedari dini?

Sebelum lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui gejala apa saja yang ditimbulkan dari berbagai alergen tersebut. Gejala yang mungkin paling umum adalah kulit gatal dan memerah. Selain itu, ada juga gejala seperti bengkak, hidung dan mata berair, perut mulas, mual, muntah, sampai diare dan pencernaan terganggu. Bila anak Anda tiba-tiba menderita setidaknya satu dari beberapa gejala di atas, maka itu menjadi sinyal pertama. Langkah selanjutnya adalah menghindarkan sang anak dari alergen yagn memicu alergi tersebut agar tidak terjadi hal yang sama di kemudian hari. Biasanya, bila alergi tersebut masuk dalam kategori ringan, sang anak akan sembuh dengan sendirinya. Bahkan seiring berjalananya waktu, alergi akan hilang. Mengatasi alergi anak menjadi relatif mudah.

Namun sayangnya, tidak semua alergi dapat dengan mudah teratasi. Sebagian anak menderita alergi yang semakin hari semakin parah. Maka langkah yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter spesialis imun untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap. Langkah ini juga sebagai bentuk pencegahan sebelum sang anak menderita alergi tingkat parah atau yang biasa disebut anafilaksis. Penderita alergi, bukan hanya pada usia anak-anak, bila sudah sampai pada tingkat tersebut wajib berada dalam pengawasan dokter spesialis imun karena membutuhkan penanganan khusus dan darurat. Bahkan tidak semua dokter mampu mengatasi alergi anak pada level tersebut. Terlepas dari itu semua, Anda juga bisa melakukan pencegahan sedari dini.

Pencegahan tersebut adalah dengan melakukan tes khusus untuk memastikan alergi apa yang diderita sang anak. Setidaknya ada 6 tes khusus untuk kebutuhan ini, namun hanya 3 yang dikenal sebagai tes alergi anak yang paling populer. Tes tersebut adalah tes tusuk kulit atau yang disebut juga Skin Prick Test. Tes ini menggunakan prosedur memicu alergi secara sengaja pada anak. Namun tentu dengan alergen yang alami dan dalam pengawasan. Prosesnya hanya sekitar 15 menit dengan menggunakan jarum khusus yang tidak menyakiti anak. Tes ini disebut paling populer karena kemampuannya menerjemahkan lebih dari 33 pemicu alergi. Inilah cara mengatasi alergi anak paling baik, yakni dengan cara pencegahan.

Tes lain yang mungkin bisa Anda coba adalah dengan Patch Test atau tes tempel. Untuk tes ini, sang anak diwajibkan tidak berkeringat dan tidak mandi selama 48 jam sebelumnya. Kemudian punggung mereka akan ditempeli berbagai jenis alergen yang akan memicu alergi dalam waktu 48 jam ke depan. Selama itu pula, sang anak disarankan untuk tidak banyak beraktivitas. Apabila kulit menjadi gatal dan merah, maka bisa disimpulkan anak positif menderita suatu alergi. Meski demikian, dokter spesialislah yang akan memutuskan. Mengatasi alergi anak terkadang mudah, yakni dengan menghindarkan mereka dari alergen. Namun terkadang juga membutuhkan campur tangan dokter spesialis. Semoga anak kita semuanya sehat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.