Kenali Prinsip-Prinsip Asuransi Kesehatan

Prinsip adalah pegangan seseorang agar langkah yang dijalaninya sesuai dengan apa yang direncanakan. Begitu juga dengan prinsip-prinsip Asuransi kesehatan, dengan berbagai manfaat asuransi kesehatan juga memiliki beberapa prinsip. Pada umumnya pihak asuransi memiliki beberapa prinsip untuk menjalin perjanjian dengan para nasabahnya diantaranya adalah :

Insurable Interest (Kepentingan untuk diasuransikan)

Artinya apabila kita menjadi nasabah asuransi kesehatan kita harus memiliki kepentingan antara anda dengan yang ditunjuk, misalnya anda dan keluarga anda, atau suatu pimpinan perusahaan dengan karyawannya. Jangan sampai kita menjadi rugi apabila kita yang perlu asuransi malah kita tidak mendapatkannya karena kita tidak memiliki kepentingan atau suatu hubungan dengan pihak yang tertunjuk.

Utmost Good Faith (maksud baik)

Suatu tindakan untuk mengungkapkan secara akurat dan lengkap. Tentunya masing-masing pihak harus memiliki maksud baik. Artinya pihak asuransi harus memberikan penjelasan tentang produk yang mereka tawarkan bagaimana prosedurnya dan hal lain yang menyangkut jasa yang ditawarkan dan nasabah atau tertanggung juga harus memberikan data yang benar untuk kepentingan asuransi kesehatan tersebut.

The Law of Large Numbers (hukum bilangan besar)

Hukum bilangan besar adalah prinsip atau teori yang menyatakan semakin banyak sampel yang digunakan dari sebuah kejadian memungkinkan semakin dekat dengan yang telah diperkirakan sebelumnya. Hukum bilangan besar artinya banyaknya nasabah yang masuk pada perusahaan asuransi tersebut. Dengan semakin banyaknya kemungkinan dan kerugian akan mendekati kemungkinan yang telah diperkirakan.

Indemnity (prinsip Ganti Rugi)

Pihak asuransi memiliki prinsip ganti rugi artinya kerugian/ biaya kesehatan yang kita jalani akan ditanggung oleh pihak asuransi sesuai dengan biaya tersebut. Sebagaimana ketentuan yang telah disepakati yang bertujuan untuk antisipasi para nasabah yang memiliki niat yang tidak baik. Yang pada akhirnya akan merugikan pihak yang menanggung atau pihak asuransi itu sendiri.

Subrogation (Prinsip pengalihan hak)

Artinya pihak asuransi berhak mengalihkan nasabahnya kepada pihak asuransi kesehatan lain karena adanya sesuatu hal yang menjadi ketentuan pihak asuransi.

Itulah beberapa uraian prinsip-prinsip yang umumnya dilakukan oleh asuransi dan termasuk asuransi kesehatan. Semoga dengan prinsip-prinsip tersebut manfaat asuransi kesehatan dapat kita pahami dan dapat kita rasakan.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.