Mengenal Penyakit Diabetes dan Pencegahannya

Penyakit diabetes dan pencegahannya selama ini hampir selalu menjadi topik hangat. Penyebabnya sudah pasti karena jumlah penderita diabetes di Indonesia yang terus bertambah. Bertambahnya jumlah penderita sebenarnya bukan dipicu oleh kurangnya pemahaman masyarakat, mengingat sebagian penderita juga ada yang tergolong orang terpelajar. Penyebab yang paling ditemui adalah karena pola hidup yang salah.

 

Terkait dengan pola hidup, sejatinya masing masing orang diharapkan mampu menjalani yang namanya pola hidup sehat. Pola hidup sehat ini sangat penting kaitannya dengan penyakit diabetes dan pencegahannya. Hal ini dikarenakan sebagian besar kasus diabetes yang ada berhubungan dengan pola hidup. Namun sayangnya tidak banyak orang yang mulai menyadari akan pentingnya menjalani pola hidup sehat tersebut sehingga efeknya jumlah penderita diabetes terus bertambah.

 

Penyakit diabetes sendiri merupakan penyakit kronis yang menyerang sistem keseimbangan tubuh. Tubuh nantinya akan kehilangan kemampuannya dalam hal menyerap dan memproses glukosa yang dihasilkan dari makanan. Dalam hal ini, hprmon insulin nantinya jumlahnya tidak mencukupi untuk mencerna glukosa yang ada. Akibatnya kadar glukosa darah jadi naik tak terkendali. Kondisi inilah yang kemudian dikenal secara medis dengan diabetes.

 

Seperti yang sudah dikemukakan sebelumnya bahwa penyakit diabetes merupakan jenis penyakit kronis. Ia dapat mendatangkan penyakit lain jika tidak ditangani dengan baik. Karenanya sebisa mungkin penyakit ini harus dicegah. Caranya tentu saja dengan mengubah pola hidup yang tidak sehat menjadi pola hidup sehat.

 

Pola hidup sehat untuk memcegah diabetes dapat diawali dengan mengatur pola makan. Makanlah 3 kali sehari dengan porsi sedang. Hal ini untuk mencegah terjadinya penumpukankalori di dalam tubuh yang jika terus terjadi bisa memicu diabetes. Apalagi jika sudah dalam kategori usia lanjut, dimana kemampuan tubuh mencerna makanan juga akan berkurang.

 

Pola hidup sehat selanjutnya yang juga tak kalah penting untuk mulai dibiasakan adalah olahraga rutin. Meski terkesan sepele, olahraga rutin ternyata mampu membantu tubuh mencerna glukosa dalam darah. Dengan begitu, kadar glukosa dalam darah bisa tetap stabil. Untuk info lebih lanjut terkait penyakit diabetes dan pencegahannya, pastikan anda menyerahkannya pada Futuready.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.