Beberapa nutrisi yang bagus untuk pertumbuhan anak

Nutrisi merupakan salah satu zat penting yang perlu anda berikan untuk anak anda. bukan saja untuk kesehatannya namun juga untuk pertumbuhannya. Terpenuhinya kecukupan nutrisi, juga akan melindungi anak-anak anda dari berbagai penyakit berbahaya. sebagai contohnya adalah penyakit obesitas dimana anak mengalami gangguan nafsu makan sehingga mengalami kelebihan berat badan. Berikut ini beberapa nutrisi yang perlu anda berikan kepada anak anda untuk menjaga pertumbuhan anak anda menjadi seorang yang anda inginkan.

  1. Semenjak bayi anda sudah memberikan zat kalsium yang tinggi yang ada pada ASI anda. Kalsium berperan pentng dalam pembentukan tulang dan membantu proses pertumbuhan. Selain untuk tulang, kalsium juga membantu menstabilkan irama jantung, pembekuan darah, dan fungsi otot. Ketika anak anda mengalami kekurangan kaslium. Maka tubuh akan menarik kalsium dari tulang dan memenuhi kebutuhan kalsium lainnya di dalam tubuh. Tentu saja hal ini bisa mengakibatkan bahaya pada pertumbuhan anak anda. salah satunya adalah meningkatnya resiko penyakit osteoporosis yang disebut juga dengan tulang keropos.
  2. Makanan yang banyak mengandung serat sangat bagus uuntuk pertumbuhan serta perkemabgan anak. serat mengandung banyak senyawa tanaman yang disebut fitonutrien yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan anak. dengan mengkonsumsi serat setiap harinya maka anak akan terhindar dari resiko penyakit jantung di masa mendatang. Selain itu juga dengan mengkonsumsi serat, anak akan menjadi lebih cepat kenyang sehingga ia tidak perlu lagi mengkonsumsi makanan lainnya yang belum diketahui kesehatannya.
  3. Vitamin E. Vitamin yang satu ini sangat bagus untuk pertumbuhan anak dimana ia bekerja sebagai zat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. karena vitamin E ini merupakan sumber antioksidan yang kuat yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas yang dapat bersumber dari pulusi udara, sinar ultraviolet, dan lain-lain.

Masih banyak lagi beberapa nutrisi yang bisa membantu meningkatkan pertumbuhan anak. anak sehat tentunya akan berujung pada anak yang cerdas. Yang terpenting ialah sejauh mana kasih sayang anda dalam mendukung pertumbuhan ia menjadi anak yang cerdas dan sehat.

 

Tinggalkan Balasan