Cara yang Bisa Diterapkan Ketika Merawat Kulit Bayi Perempuan

Merawat bayi perempuan dengan cara yang sembarangan bisa menimbulkan beberapa keluhan pada kulit bahkan bisa membuat kesehatannya terganggu. Agar buah hati anda berkembang dengan baik, maka semestinya kita harus tahu bagaimana cara merawat bayi perempuan dengan baik dan benar, agar kulitnya bisa terpelihara dan kesehatannya pun bisa terjaga. Berikut ini yang mungkin bisa anda terapkan.

 

Merawat kulit bayi

 

Sebelum bayi genap berusia satu bulan, sebaiknya anda tidak menggunakan produk bayi yang berupa krim atau lotion. Karena kulit bayi pada usia seperti itu memiliki kulit yang masih sensitif, hindari juga produk pembersih dan wewangian yang tidak cocok dengan kulit si kecil. jangan menggunakan bedak berlebih, karena itu bisa mengakibatkan pernafasannya terganggu. Cara merawat bayi yang benar yaitu dengan memandikannya secara rutin. Untuk bagian tangan dan wajah, anda bisa menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan air hangat.

 

Merawat Kuku Bayi Tetap Bersih

 

Kuku bayi memiliki tekstur yang lunak berbeda dengan kuku orang dewasa. Meski begitu tetap saja jika kuku tersebut tidak dirawat bisa melukai kulit tubuhnya baik itu ketika tangan bayi mengusap kulitnya maupun menggaruknya. Maka dari itu sebaiknya rutinlah memeriksa kuku bayi, jika terlihat sudah agak panjang segeralah potong kuku tersebut. Jika bayi banyak bergerak, anda bisa memotong sambil menggendongnya sehingga anda lebih mudah untuk menggunting kukunya. Perlu diingat kuku bayi lebih cepat memanjang, sebaiknya anda jangan lupa akan hal itu.

 

Merawat Bayi yang Mengalami cradle cap

 

Produksi kelenjar minyak yang berlebih di kepala bayi bisa menyebabkan cradle cap yang ditandai dengan kulit kepalanya bersisik dan kering mirip dengan ketombe. Bahkan bisa nampak berkerak, menebal sampai kekuningan. Keluhan seperti ini biasanya berlangsung dalam waktu 2 sampai 3 minggu, namun ada sebagian bayi yang mengalaminya selama berbulan bulan.

 

Melihat kondisi seperti ini tentunya ibu sangat khawatir, namun ada cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan memijat kepala bayi memakai jemari ibu dengan lembut, atau bisa menggunakan sikat bulu lembut. Ketika ibu akan memandikannya, sebaiknya pakailah sampo yang cocok, kemudian bilas sampai bersih pastikan tidak ada shampo tersisa. Selanjutnya keringkan kulit kepalanya dengan kain yang lembut.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.