Bahaya SLS Pada Produk Sabun

Mengingat adanya bahaya dan efek samping yang terkandung dalam produk yang mengandung sabun seperti sabun cuci piring, atau nama kimianya adalah Sodium Laurette Sulfate yang biasa disingkat menjadi SLS, ada baiknya anda mengurangi penggunaan produk bersabun tersebut dalam kehidupan anda sehari-hari. Bahan SLS ini dikenal sebagai bahan yang sering menjadi pemicu adanya gangguan kulit. Jika anda memiliki reaksi alergi setelah anda menggunakan produk sabun bisa jadi hal itu dipicu oleh kandungan SLS yang terdapat pada produk pembersih yang anda gunakan.

 

Selain berbahaya untuk kulit dan kesehatan, SLS juga mencemari lingkungan kita. Bahan kimia yang air pembuangannya dialirkan dari kamar mandi ke saluran air lalu menuju sungai ini memiliki potensi pencemaran lingkungan yang tinggi. SLS yang merembes masuk ke dalam tanah dapat mencemari cadangan air tanah yang biasa kita gunakan untuk bahan konsumsi sehari-hari. Entah untuk masak atau dikonsumsi sebagai minuman. Air tercemar SLS yang mengalir ke sungai dan sumber air lainnya pun berpotensi mencemari makhluk hidup yang ada di dalamnya. Misalnya saja, SLS bisa mencemari ikan-ikan yang ada di air tawar yang nantinya ikan tersebut akan menjadi bahan konsumsi manusia. Ini artinya,pencemaran SLS akan kembali lagi meracuni kita sebagai pengguna SLS.

 

Dalam sabun cuci piring juga banyak terkandung SLS. Maka dari itu ada baiknya anda mengurangi penggunaan sabun untuk cuci piring ini dengan lebih dulu merendam piring kotor di dalam air yang sudah diberi jeruk nipis, atau garam, sehingga hanya dibutuhkan sedikit sabun saja untuk membersihkan piring kotor anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.