Makanan yang Sebaiknya Dihindari Oleh Ibu Hamil

Masa-masa kehamilan adalah masa kritis untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Dibutuhkan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang agar bayi terlahir sehat dan kesehatan ibu pun terjaga. Selain makanan untuk ibu hamil yang wajib dipenuhi seperti sayur, buah, ikan dan daging tanpa lemak, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari pada masa kehamilan. Berikut beberapa diantaranya.

  1. Hindari jenis keju berlapis kapang seperti Brie, Camembert, dan Roquefort. Kaju jenis ini mengandung biakan kapang atau jamur yang menyebar di seluruh permukaan jamur, permukannya berwarna putih dan memiliki corak berwarna biru gelap. Keju ini juga mengandung listeria, sejenis bakteri yang dapat berbahaya untuk bayi. Walaupun infeksi akibat listeria jarang terjadi, namun ada baiknya melakukan tindak pencegahan dengan menghindari jenis keju tersebut. Sedangkan untuk jenis keju keras seperti cheddar aman untuk dikonsumsi ibu hamil.
  2. Telur dan daging yang dimasak setengah matang. Sebab telur dan daging yang dikonsumsi tanpa proses pematangan sempurna memiliki risiko kandungan bakteri yang dapat membahayakan kandungan, salah satunya berupa toksoplasma. Toksoplasma dapat mengakibatkan infeksi yang dapat berbahaya bagi kesehatan bayi.

Sebaiknya, semua peralatan makan yang baru digunakan untuk mengolah daging mentah dicuci sampai bersih sebelum digunakan untuk menghindari adanya bakteri pada alat-alat tersebut. Selain itu, cuci tangan setelah memegang atau mengolah daging yang masih mentah untuk menghindari kemungkinan adanya bakteri pada tangan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan jika makanan untuk ibu hamil di masak hingga matang untuk memastikan bakteri yang mungkin terkandung di dalamnya telah mati.

  1. Makanan laut setengah matang, termasuk kerang dan sushi yang tidak mengalami proses pembekuan sebelum diolah. Sebab, makanan laut memiliki potensi tinggi kandungan merkuri yang dapat berbahaya bagi pertumbuhan janin apabila terakumulasi dalam jumlah banyak di dalam tubuh ibu. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi kandungan makanan laut setengah matang pada nutrisi untuk ibu hamil sampai bayi anda telah lahir untuk menjaga kesehatannya.
  2. Kurangi asupan kafein karena dapat mengakibatkan berat badan lahir bayi rendah, yang dapat mengakibatkan masalah kesenangan saat bayi beranjak dewasa. Anda tidak perlu benar-benar berhenti mengonsumsi kopi, the, atau cokelat. Tapi kurangi jumlahnya dan maksimal 200 mg per hari.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.