Perlunya Anda Mengetahui Jenis-Jenis Sertifikat Rumah dan Dasar Hukumnya

rumah dijual di Bandung

Jika anda termasuk orang-orang yang mengumpulkan beberapa assetnya seperti rumah dan berkeinginan atau bertujuan menjadikannya sebagai investasi untuk kemudian dijual kembali. Tentu saja semua bisa dilakukan dan tidak ada ruginya berinvestasi dengan membeli asset seperti rumah. Seperti rumah dijual di Bandung saja saat ini sudah memiliki harga yang menjulang tinggi, coba anda flashback ke tahun 1990 berapa harga tanah disana ? pasti akan beda jauh.

Rumah akan terus mengalami kenaikan harga dikarenakan rumah itu membutuhkan lahan yang mana lahan ini tidak bisa diperbaharui. Dalam artian lahan disini adalah terbatas, semakin banyak penduduk tentu akan semakin banyak yang membutuhkan lahan untuk tempat huniannya. Semua hal yang sifatnya terbatas memiliki harga yang akan terus naik dari tahun ke tahun menyesuaikan permintaan. Sama halnya seperti emas, mutiara, dan perhiasan-perhiasan lainnya.

Nah, untuk anda yang mulai tertarik untuk berinvestasi di bidang property dan melakukan jual beli rumah. Anda bisa memerhatikan beberapa hal dalam membeli rumah untuk nantinya dijual kembali kepada yang lainnya. Anda perhatikan keaslian dokumen-dokumen mereka. Anda perlu mengetahui surat SHGB, SHM, dan lain sebagainya. Anda setidaknya harus mengerti dasar hukum dari surat-surat seperti itu.

Tanpa adanya pengetahuan tentang dasar hukum dari sertifikat rumah akan membuat perilaku kita menjadi masa bodoh, asalkan saya sudah bangun rumah ini sejak lama padahal tanah tersebut adalah milik pemerintah. Kapan saja anda bisa digusur ketika pemerintah berniat untuk membangun sebuah fasilitas baru di lokasi anda. Inilah mengapa banyak sekali di berita-berita tentang penggusuran yang sebenarnya tidak sepenuhnya salah dari pemda setempat, melainkan pemilik rumah sendiri tidak paham dasar hukumnya.

Jika anda paham dengan hukum-hukum dari surat sertifikat tersebut anda tinggal menjelaskannya kepada calon pembeli rumah anda dengan baik dan tentu akan lebih memantapkan hati dari calon pembeli untuk membeli rumah anda. Hal lain tentu yang perlu diperhatikan adalah menyiapkan kondisi rumah se prima mungkin dan dalam suasana yang bersih serta nyaman.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.