Mengikuti Pelatihan Pengembangan Usaha Untuk Bisnis Anda

Mengikuti Pelatihan Pengembangan Usaha Untuk Bisnis Anda

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri mengungkapkan jumlah pengusaha di Indonesia meningkat, yang sebelumnya 3,1 persen pada 2016 naik menjadi 3,4 persen pada tahun ini. Belakangan memang geliat wirausaha di Indonesia sedang melonjak. Tak hanya mereka yang sudah mapan sebagai karyawan, banyak pula anak muda yang terjun ke menjadi wirausaha.

Ya, menjadi pengusaha selain dibutuhkan skill untuk menciptakan bisnis juga harus bisa membuatnya berkembang. Di sekitar kita, banyak sekali cerita orang yang mampu membuka usaha namun tak mampu mengembangkan atau mempertahankannya. Selain karena persaingan yang begitu ketat, namun tampaknya ada skill yang belum dimiliki seseorang untuk menjadi pengusaha.

Oleh karena itu, pelatihan pengembangan usaha dibutuhkan oleh mereka yang ingin usahanya mampu bertahan lama. Apa saja perilaku yang dibutuhkan?

Kreativitas

Di era yang serba cepat ini, kreativitas atau inovasi produk sangat dibutuhkan untuk memanjakan pasar dan tak ketinggalan zaman. Tak hanya kreativitas produk, namun cara pemasaran yang kreatif juga dibutuhkan bagi para pengusaha.

Konsisten

Godaan bidang usaha baru yang terlihat lebih menjanjikan daripada usaha yang sedang dijalankan pasti menggiurkan. Memang, inovasi dibutuhkan saat Anda menjadi pengusaha. Namun, konsisten di satu bidang usaha juga penting. Maka ada baiknya, jika ingin berinovasi perhatikan juga benang merah yang membuat bidang usaha yang ditekuni tetap konsisten.

Pelayanan yang baik

Banyak konsumen yang setia pada satu produk tak hanya karena kualitas, tapi juga karena pelayanan yang baik. Hal ini bukan hanya menerima keluhan pelanggan dan memberikan solusi semata, namun juga harus bisa mengedukasi konsumen dengan baik. Pelayanan yang baik akan membuat konsumen Anda akan terus kembali menggunakan produk Anda.

Di atas hanyalah beberapa contoh perilaku yang bisa mengiringi kesuksesan dalam berbisnis. Kesuksesan tak akan bisa didapat secara instan. Terus belajar, dengan mengikuti berbagai pelatihan pengembangan usaha demi kelangsungan usaha Anda.

Tinggalkan Balasan