Informasi Perumahan Murah Perumnas Yang Minim

Perumnas

Perumnas

Kebutuhan akan hunian yang layak dan murah menjadi dambaan bagi sebagian orang seperti pasangan suami istri yang baru menikah. Memiliki rumah sendiri memang jauh lebih nyaman karena bisa merasa mandiri dalam mengurus rumah tangga daripada tinggal satu rumah dengan orang tua atau mertua. Banyaknya orang yang ingin memiliki rumah pribadi membuat lonjakan permintaan akan hunian yang murah terus meningkat setiap tahun.

Menyadari akan hal ini, pada tahun 2016 pemerintah mulai mencanangkan sebuah program untuk mengatasi tingginya permintaan hunian yang murah dan layak berupa Program Sejuta Rumah yang  tersebar di beberapa daerah Indonesia.
Target 1 juta rumah ini, menurut direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bahwasanya akan dibagi menjadi dua bagian. Pertama untuk 600.000 unit hunian murah khusus untuk masyarakat kalangan menengah ke bawah sedangkan sisanya yaitu 400.000 unit rumah untuk masyarakat dari golongan menengah ke atas.

Pemerintah sengaja menyediakan lebih banyak hunian untuk masyarakat berpenghasilan rendah karena kalangan ini banyak yang belum memiliki rumah pribadi. Kebijakan ini tentu akan diiringi dengan kemudahan lain berupa sistem KPR subsidi yang ringan. Perlu diketahui bahwa untuk proses dan urusan jual beli rumah ini nantinya akan ditangani oleh pihak pengembang dan bank yang menangani KPR. Jadi, tidak ditangani sepenuhnya oleh pemerintah.

Minimnya informasi mengenai Program Sejuta Rumah yang dicanangkan oleh pemerintah, membuat sebagian orang masih keliru dalam memahami program ini. Masih ada yang mengira bahwa ini pembagian hunian secara cuma-cuma kepada masyarakat. Padahal tidak demikian.

Dalam hal pembangunan rumah, tentu ada prosedur yang harus dipenuhi. Masyarakat yang ingin mendapatkan perumahan murah perumnas haruslah mengikuti aturan yang berlaku seperti pembayaran DP, survei lokasi, angsuran dan hal lainnya menyangkut proses kepemilikan rumah. Hanya saja, prosesnya dibuat mudah serta biaya yang harus dibayar lebih terjangkau.

Bagi yang ingin segera memiliki rumah, bisa mencari tahu informasi mengenai program ini lebih lanjut dari sumber yang terpercaya dan jelas. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan