Manfaat Internet dan Lowongan Pekerjaan

Di jaman yang semakin maju dan semakin berkembang ini memberikan dampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia. Salah satu hal positif yang dapat dirasakan oleh masyarakat adalah terdapatnya internet yang mampu membantu kehidupan sehari-hari terutama untuk dapat berkomunikasi dengan semua orang yang ada di seluruh dunia tanpa adanya hambatan. Kondisi tersebut dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan atau badan usaha untuk membuat dan memasang loker di website dari perusahaan tersebut atau di situs penyedia jasa lowongan untuk pekerjaan.

 

Hal positif yang dapat dirasakan dari awalnya lowongan untuk pekerjaan secara online adalah memungkinkan seseorang yang memiliki tempat tinggal yang jauh dari lokasi tempat perusahaan tersebut untuk dapat mengetahui adanya lowongan tersebut. Tidak hanya mengetahui lowongan yang berasal dari dalam negeri, namun juga dari luar negeri. Berbagai macam lowongan tersedia di situs tertentu yang memungkinkan seseorang mencari pekerjaan tanpa perlu berputar-putar keliling kota untuk memasukkan lamaran pekerjaan.

 

Internet juga memungkinkan seseorang untuk dapat mengirimkan lamaran pekerjaan yang telah dibuat berdasarkan pada lowongan pekerjaan yang dia terima ke perusahaan yang memberikan lowongan pekerjaan tersebut. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mengirim surat lamaran pekerjaan namun juga dapat mengirimnya ke seluruh dunia tanpa biaya yang tinggi. Syarat yang dibutuhkan untuk dapat melakukan hal tersebut adalah memiliki koneksi internet dan juga email. Penggunaan personal akun untuk melamar pekerjaan, memungkinkan seseorang memperoleh informasi lebih cepat dan pribadi dan tidak diketahui oleh orang lain.

 

Persiapan yang harus dilakukan ketika melamar pekerjaan secara online diantaranya yaitu:

 

  • Mempersiapkan dokumen yang diperlukan atau yang dibutuhkan misalnya identitas diri, ijazah, CV dan dokumen lainnya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan tersebut.
  • Agar lampiran dapat terkirim hingga ke alamat email perusahaan tersebut, maka dokumen harus discan.
  • Ukuran file sebelum dikirim harus diatur terlebih dahulu. Atur agar ukuran gambar tidak terlalu besar atau tidak terlalu kecil. Pastikan file dapat dibuka dan ringan untuk dibuka. Beberapa cara agar file ringan dan dapat dibuka adalah memperkecil ukuran file dan dibuat dalam bentuk rar atau zip agar file tidak tercampur dengan file lainnya.

 

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memasukkan lamaran pekerjaan secara online adalah mencari tahu terlebih dahulu mengenai kevalitan atau kebenaran dari perusahaan tersebut. Jangan sampai mengirim lamaran pekerjaan ke perusahaan yang fiktif atau perusahaan palsu. Tidak hanya memungkinkan seseorang untuk dibohongi dan terjadi pemerasan uang namun, dapat memungkinkan seseorang untuk menggunakan informasi mengenai identitas atau keterangan sesuai dengan dokumen yang telah Anda kirimkan untuk hal-hal yang kurang bertanggung jawab. Sebaiknya pilih perusahaan dengan reputasi baik dan hindari perusahaan yang meminta Anda untuk menyerahkan atau mentransfer uang ketika di awal konfirmasi.

 

Pilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Walaupun banyak lowongan kerja yang ada di internet dan menawarkan berbagai macam fasilitas dan besarnya gaji yang diminta, sebaiknya memilih yang sesuai dengan keahlian agar tidak terjadi masalah nantinya. Minta masukan dari orang-orang terdekat misalnya keluarga atau teman dekat untuk menentukan pekerjaan yang cocok. Sebelum memasukkan lamaran, sebaiknya teliti dan baca dengan seksama informasi yang diberikan yang biasanya dicantumkan dalam lowongan tersebut salah satu informasinya adalah mengenai lokasi. Jika kurang mengerti, dapat mencari informasi lain lewat contact person jika ada.

Tinggalkan Balasan