Faktor yang Mempengaruhi Harga Tiket Pesawat

Indonesia memiliki beberapa maskapai penerbangan, baik dari perusahaan dalam negeri maupun asing. Masing-masing maskapai ini tentu memberikan harga tiket pesawat murah yang berbeda. Manakah yang akan Anda pilih? Perbedaan harga dipengaruhi oleh banyak hal yang akan dijelaskan berikut ini.

Volume Penumpang

Volume penumpang ke suatu kota sangat mempengaruhi harga tiket Daerah tujuan yang padat penumpang biasanya dipatok harga yang lebih murah daripada daerah yang penumpangnya sepi. Contoh kota ini adalah Jakarta, Surabaya, Bali, Bandung, dan Medan.

Volume penumpang pada kurun waktu tertentu juga turut mempengaruhi harga tiket penerbangan. Misalnya pada musim liburan yang membuat orang banyak bepergian tentu membuat harga menjadi tinggi. Sedangkan untuk hari biasa dimana penumpang menurun akan dimurahkan demi mendapatkan penumpang.

Fasilitas

Fasilitas yang diberikan selama penerbangan juga menjadi faktor perbedaan harga antar maskapai. Dalam satu pesawat, ada seat depan yang lebih nyaman, tengah, dan belakang. Tentunya masing-masing kenyamanan harus dibayar dengan uang.

Kenyamanan selama penerbangan, termasuk kebersihan, tempat duduk, makanan kemewahan, dan jenis mesin pesawat menjadi alasan mengapa harta tiket pesawatnya menjadi mahal.

Kredibilitas

Membangun sebuah brand bukanlah hal yang mudah, begitu juga dengan maskapai penerbangan. Banyak cara dilakukan untuk mempromosikan sebuah maskapai baru demi memikat penumpang. Tapi, apakah mendapatkan pelanggan semudah itu? Tentu saja tidak demikian karena masyarakat kerap dibuai rasa percaya pada maskapai yang telah menunjukkan kredibilitasnya.

Waktu Penerbangan

Kapan Anda terbang dengan pesawat? Jika jawabannya adalah saat lebaran, tahun baru, natal, liburan sekolah, atau weekend tentu saja harga tiket pesawat menjadi lebih mahal. Mengapa? Sesuai dengan hukum ekonomi, semakin tinggi permintaan maka penawaran juga ikut meningkat.

Promo

Promo pesawat diberikan untuk memikat hati pelanggan. Kalau sudah mencoba pesawatnya, mereka akan percaya dan berlangganan pada maskapai tersebut. Bukan hanya itu, bila mereka yang naik ke pesawat merasa puas, maka akan terjadi promosi gratis dari mulut ke mulut. Inilah yang membuat maskapai mau memberikan harga tiket penerbangan murah. Untuk mendapatkan promo tiket, Anda bisa mendaftarkan ke Ezytravel.

 

Tinggalkan Balasan