Atasi Lantai Kamar Mandi Berkerak dengan Cara Berikut

Atasi Lantai Kamar Mandi Berkerak dengan Cara Berikut

Lantai kamar mandi pada umumnya terbuat dari material keramik. Baik itu pada koleksi kamar mandi mewah, maupun pada kamar mandi yang sederhana. Keramik kerap dipilih lantaran bahannya yang awet, pilihan yang beragam, dan juga mudah dibersihkan.

Walau mudah dibersihkan, ada saja masalah yang biasa dialami oleh lantai keramik. Salah satunya adalah lantai berkerak. Masalah ini tentu bisa dialami oleh jenis dan desain kamar mandi apapun. Seperti pada koleksi kamar mandi modern yang biasa ditampilkan di majalah interior, mungkin saja mengalami masalah lantai berkerak.

Lantai berkerak ini biasanya terjadi karena kurangnya pembersihan pada lantai. Biasanya terdapat noda yang dibiarkan begitu saja, hingga akhirnya noda tersebut menjadi kerak yang sulit dibersihkan.

Namun jangan khawatir. Walau sulit dibersihkan, tetap ada cara ampuhnya, kok. Penasaran? Simak beberapa cara berikut ini!

Gunakan sikat

Cara ini bisa dikatakan sebagai cara standar dalam membersihkan lantai. Karena Anda memerlukan sikat lembut dan pembersih lantai. Gosok lantai dengan gerakan melingkar hingga bersih. Lakukan secara rutin setidaknya sekali dalam seminggu.

Gunakan grout sealer

Lapisi permukaan nat dengan menggunakan grout sealer. Pelapisan ini bisa dilakukan setidaknya satu tahun sekali untuk menjaga daya tahan dan keindahan dari tampilan lantai keramik.

Gunakan cuka

Kerak terlalu sulit dibersihkan? Gunakanlah cuka. Caranya, isi botol semprot dengan cairan cuka. Lalu semprotkan ke bagian lantai keramik dalam jumlah banyk. Diamkan selama 10 menit. Setelah itu, siram dengan menggunakan air panas dan tunggu. Setelah itu, siram kembali dengan air panas. Anda bisa melanjutkan dengan mengelap keramik dengan spons basah dan dikeringkan menggunakan lap handuk.

Gunakan kaporit

Kaporit yang biasa digunakan untuk kolam renang ini bisa digunakan untuk menghilangkan kerak di lantai. Pertama-tama, siram kerak dengan menggunakan air panas. Lalu taburkan kaporit dan tunggu hingga setengah jam. Setelah itu bilas dengan air bersih.

Gunakan asam sitrat

Selain keempat cara di atas, Anda juga bisa menggunakan asam sitrat dengan cara menggosok kerak berkali-kali dengan campuran air sabun. Setelah itu siram dengan air bersih dan taburkan asam sitrat. Diamkan selama satu jam dan siram dengan air bersih.

Tinggalkan Balasan