Kegiatan Menarik untuk Anak dan Orang Tua bersama Alam

Sebuah hal yang patut disyukuri apabila anda memiliki anak yang mencintai aktivitas diluar ruangan dibandingkan menghabiskan waktu di dalam rumah bermain game. Hal itu akan berdampak positif bagi pertumbuhan anak sampai ia dewasa. Untuk mengakomodasi kecintaannya tersebut, sebaiknya orang tua paham untuk selalu rutin menemani kegiatan anak di luar rumah. Berikut beberapa jenis kegiatan yang dapat dilakukan orang tua bersama buah hati di alam:

Berkemah. Jika anda memiliki halaman rumah yang luas, tidak ada salahnya utnuk berkemah di halaman rumah terlebih dahulu sebagai permulaan. Matikan lampu rumah dan gunakan senter atau menyalakan api unggun kecil agar anak benar-benar dapat menikmati suasana alam. Jika dia sudah merasa terbiasa, anda bisa mencoba mengajaknya berkemah di alam yang sesungguhnya.

Hiking sangat baik bagi pertumbuhan anak. Buatlah rencana untuk melakukan hiking dengan anak. Pilihlah daerah pedesaan atau pinggir kota yang jarang ditemui oleh anak sehari-hari dan biarkan ia bereksplorasi dengan alam. Pilih rute yang mudah dilewati oleh anak kecil dan jarak yang tidak terlalu jauh. Seiring pertumbuhan anak dan semakin baik fungsi motoriknya, rute dan jarak yang dipilih bisa ditingkatkan kesulitannya.

Bermain tanah. Banyak orang tua yang melarang anaknya bermain tanah karena menganggap hal itu menjijikkan dan membuat anak terlihat kotor. Tahukah anda, semakin banyak peneliti yang menyatakan bahwa bermain kotor-kotoran dengan tanah baik untuk tumbuh kembang si kecil. Sebab, anak akan terbiasa berinteraksi dengan bakteri pada tanah sehingga akan memperkuat sistem imunnya sampai ia dewasa kelak.

Tentu dalam melakukan kegiatan ini anda harus mendampinginya agar anak tetap aman. Usahakan aktivitas tersebut juga bermanfaat untuknya, seperti membawanya ke sekolah alam dan berlatih cara menanam padi. Tidak hanya membuat anak menjadi aktif secara fisik, tapi juga memperkuat imunitas anak dan menambah pengetahuan anak mengenai cara menanam padi.

Menjelajah wisata air. Anak selalu senang bermain air, maka tidak ada salahnya mengajaknya berlibur ke pantai atau danau wisata. Ajarkan ia berenang atau memancing atau bahkan menaiki kano. Selain mengajarkannya untuk berolahraga dan baik untuk pertumbuhan fisik anak, aktivitas ini juga dapat meningkatkan kedekatanm hubungan antara orang tua dan anak. Nah, selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan