Kalahkan Korea Utara, Perancis Menjadi Juara Dunia Pertama Dari Eropa

WiMiU – Perancis merebut gelar juara di Piala Dunia Wanita U-17 2010 di Azerbaijan setelah di final sukses menaklukkan juara tahun 2008, Korea Utara lewat adu penalti.

Perancis unggul lebih dulu dimenit 33. Lea Declercq yang menerima umpan panjang berhasil menaklukkan kiper Korea Utara sekaligus membawa timnya memimpin 1-0 hingga babak pertama berakhir.

Ketinggalan satu gol, Korea Utara meningkatkan tempo permainan di babak kedua. Hasilnya dimenit ke 79 Ri Un Sim berhasil mencetak gol penyama kedudukan. Memanfaatkan bola muntah hasil tendangan pemain Korut lainnya yang membentur mistar gawang. Bola yang mengarah kepadanya dengan mudah diteruskan Ri Un Sim menjadi sebuah gol.

Berhasil mencetak gol penyama membuat kepercayaan diri pemain Korea Utara meningkat. beberapa peluang emas kembali mereka dapatkan. Namun hingga berakhir waktu normal skor tetap 1-1. Pemenang pun harus di tentukan melalu adu penalti.

Kiper Perancis, Romane Bruneau menjadi pahlawan Perancis setelah menggagalkan dua tendangan penalti pemain Korea Utara, dan juga mencetak satu gol di adu penalti ini. Perancis menjadi juara di Piala Dunia Wanita U-17 setelah menang adu penalti 7-6 atas Korea Utara.

Dengan hasil ini, Perancis menjadi juara pertama dari benua Eropa di Piala Dunia Wania U-17. Karena di dua pegelaran sebelumnya, Korea Utara (2008) dan Korea Selatan (2010) yang menjadi juaranya.

Penedang penalti Perancis vs Korea Utara :

  • Perancis

1- Sandie Toletti (gol)
2- Lea Declercq  (gol)
3- Griedge Mbock Bathy  (gol)
4- Marion Romanelli  (gagal)
5- Delphine Cascarino  (gol)
6- Romane Bruneau  (gol)
7- Noemie Carage  (gol)
8- Kadidiatou Diani  (gol)

  • Korea Utara

1- Kim Un Hwa  (gagal)
2- Choe Chung Bok  (gol)
3- Choe Yun Gyong  (gol)
4- Kim Hyang Mi  (gol)
5- Ri Hyong Kyang  (gol)
6- Ri Un Sim  (gol)
7- Ri Kum Suk  (gol)
8- Ri Un Yong (gagal)

 

Hasil perebutan tempat ketiga Piala dunia U-17
Getty Images

Sementara itu Jerman harus mengakui keunggulan 10 pemain Ghana di perebutan tempat ketiga. Tim dari Afrika ini harus bermain dengan 10 orang setelah Fatima Al-Hassan menerima kartu kuning kedua di menit 32.

Kalah jumlah pemain tidak membuat Ghana patah semangat. Menit 38, kiper Jerman, Merle Frohms gagal menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Gol untuk Ghana ini dicetak oleh Priscilla Okyere.

Di babak kedua, Jerman yang unggul jumlah pemain menguasai jalannya pertandingan. Namun hingga peluit panjang berbunyi, wakil Eropa ini tetap tidak mampu menciptakan gol. Dan pertandingan usai dengan skor tetap 1-0 untuk kemenangan Ghana. Dengan hasil ini, Ghana mendapatkan medali perunggu Piala Dunia Wanita U-17.

Tinggalkan Balasan