Hasil Olahan Gandum dan Kandungannya!

Gandum merupakan salah satu makanan pokok manusia, karena memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Tanaman satu ini sebenarnya memiliki jenis yang beragam namun secara garis besar dibedakan ke dalam tiga golongan. Yakni:

  1. hard wheat yang tinggi protein,
  2. soft wheat untuk pembuatan biscuit atau roti,
  3. durum wheat yang dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pasta.

tanaman tersebut juga diolah menjadi tepung terigu yang memiliki kegunaan yang beragam dalam kehidupan kita. Salah satunya ialah sebagai bahan pembuatan roti atau kue, membuat aneka jajanan dan bahan balutan gorengan, dll. Tepung satu ini didapatkan dari proses penghalusan biji tanaman gandum yang telah dikupas terlebih dahulu. Sehingga serbuk tepung ini berwarna putih terang, serta kandungan akan serat, protein dan lemak yang dimiliki cukup rendah.

 

Bagi anda yang ingin menjalankan diet sebaiknya memiliki konsumsi gandum utuh, atau tepung yang diolah tanpa proses pengelupasan kulit luarnya. Sehingga kandungan serat yang dimiliki cukup tinggi dan baik untuk memperlancar proses pencernaan. Terigu yang biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan gorengan juga sebaiknya dihindari. Seba mengkonsumsi gorengan dengan balutan tepung membuat pencernaan mengalami sedikit tekanan. Gunakan jenis tepung yang anda sukai, untuk beberapa jenis makanan kesukaan anda. Untuk lebih sehat menghindari konsumsi tepung patut dicoba, kecuali jenis tepung yang tinggi kandungan serat dan tambahan vitamin di dalamnya.

Tinggalkan Balasan