Masakan Lezat dan Khas Daerah

Indonesia memiliki ragam Masakan yang khas di setiap daerahnya. Sedikit diantaranya adalah mie glosor dari  Bogor, pakat dari Tapanuli, dan sate susu dari Bali. Mie Glosor yang berasal dari Bogor ini memiliki arti mie yang mudah ditelan. Aslinya masakan khas Bogor ini berasal dari daerah Sukabumi, Jawa Barat namun menjadi popular ketika mie ini dijual banyak orang di Bogor. Hidangan ini memiliki tekstur yang lembut sehingga pada saat disantap, mie tersebut akan mudah ditelan. It Hidangan ini merupakan hidangan favorit masyarakat Bogor dan akan laris manis ketika waktu berbuka puasa hampir tiba.

Pakat: masakan khas Tapanuli

Pakat, masakan khas dari Tapanuli, merupakan makanan favorit bagi warga Tapanuli yang akan membuat lidah mereka bergoyang pada saat menyantapnya. Makanan ini merupakan rotan tapi bukan rotan yang digunakan untuk membuat berbagai jenis kerajinan anyaman. Rotan yang diolah adalah rotan muda yang dipotong dan kemudiand direbus di atas tungku selama kurang lebih satu jam. Setelah daging rotan matang, daging rotan kemudian diiris-iris dan disajikan dengan santan.

Sate susu: masakan khas Bali

Jika warga Tapanuli memfavoritkan Pakat, lain halnya dengan masyarakat Bali yang memiliki masakan khas untuk disantap pada saat berbuka puasa. Sate susu adalah hidangan terfavorit sebagian masyarakat muslim Bali. Sate khas Bali ini memang dibuat  dari payudara sapi yang diolah menjadi sate yang lezat. Masyarakat Bali juga percaya bahwa sate susu ini memiliki khasiat untuk memperkuat stamina siapa saja yang mengkonsumsinya.

Tinggalkan Balasan