Pengertian Penyakit Jantung Iskemik

pemicu penyebab sakit jantung iskemik

Penyakit jantunng iskemik merupakan gangguan yang tejadi pada organ jantung. Penyakit yang satu ini dikenal dengan penyakit arteri koroner. Penyakit tersebut dapat terjadi apabila terjadi penyumbatan pada aliran darah yang akan menuju kejantung. Apabila aliran darah terblokir sepenuhnya maka akan terjadi serangan jantung yang dapat mengakkibatkan kematian secara mendadak bagi seseorang.

Terblokirnya aliran darah tersebut disebabkan oleh plak yang diakibatkan oleh penumpukan lemak pada dinding arteri. Penumpukan tersebut disebut dengan aterosklerosis yang merupakan pengerasan pembuluh darah. Hal tersebut akan mengakibatkan penggumpalan darah yang menyebabkan penyakit stroke atau serangan jantung. Pengerasan pembuluh darah serta penyumbatan pada arteri tersebut menjadi salah satu pemicu kematian secara tiba-tiba. Banyak faktor yang menjadi pemicu penyebab sakit jantung iskemik, seperti :

  1. Kebiasaan merokok
  2. Kebiasaan mengkonsumsi mimunam beralkohol
  3. Kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji atau junk food
  4. Kadar koleterol tinggi
  5. Penyakit diabetes

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh pakar kesehat, menagtakan bahwa jantung iskemin ini merupakan penyakit yang diakibatkan dari fakor genetik atau keturunan. Jadi apabila anda memiliki data riwayat penderita oenyakit tersebut, maka anda memiliki resiko tinggi untun menderuta penyakit tersebut.

Terdapat langkah – langkah yang cukup efektif untuk menghindari penyakit ini. Seperti dengan mengkonsumsi makana – makanan yang sehat dan menghindari konsumsi makanan yang menjadi pemicu penyakit jantung. Makanan pemicu penyakit ini biasanya terdapat pada makanan – makanan yang mengandung lemak trans, kolestrol yang tinggi dan juga kalori yang tinggi. Makanan berkalori tingi biasanya terdapat pada makanan yang dikemas seperti jus buah di dalam kemasan. Jadi apabila anda menginginkan untuk meminum jus, sebaiknya anda membuat jus buah sendiri dengan menggunakan gula rendah kalori tropicana  yang tidak akan membuat penumpukan kalori di dalam tubuh. Selain itu makana yang mengandung kolesterol dan lemak trank dapat memicu terjadinya plak pada arteri. Dengan menghindari mengkonsumsi makanan berlemak maka dapat mengurangi dan meminimalisir terjadinya penyakit jantung pada diri anda.

Tinggalkan Balasan