Ciri-Ciri Lingkungan Bersih dan Sehat

Bagi banyak orang memiliki lingkungan bersih dan sehat merupakan hal yang menjadi idaman mengingat kondisi lingkungan saat ini yang jauh dari kata bersih dan sehat. Semakin meningkatnya laju pertumbuhan penduduk dan keterbatasan lahan untuk pemukinan semakin menyulitkan banyak orang untuk tinggal di lingkungan yang bersih dan sehat. Cukup banyak orang yang tinggal di pemukiman yang padat dan kumuh karena keterbatasan lahan. Sebenarnya untuk memiliki lingkungan yang bersih dan sehat tidaklah sulit asalkan adanya kemauan dan niat untuk mewujudkannya. Mulailah dengan memupuk kesadaran diri untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal dan lingkungan di sekitar anda.

Dengan tinggal di lingkungan yang bersih dan sehat akan mengurangi resiko penyebaran kuman dan penyakit. Itulah sebabnya orang yang tinggal di lingkungan yang bersih dan sehat memiliki tingkat kesehatan yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tinggal di lingkungan yang kumuh dan kotor. Lingkungan yang bersih dan sehat bisa dikenali dengan beberapa ciri-ciri berikut. Yang pertama tersedianya tempat pembuangan sampah. Sebuah lingkungan yang bersih dan sehat sudah tentu memiliki fasilitas tempat pembuangan sampah yang memadai. Ketersediaan tempat pembuangan sampah ini mengurangi resiko penumpukan sampah dan lebih memudahkan dalam mengelola sampah rumah tangga. Ciri yang kedua yaitu tersedianya sanitasi yang ideal dan memadai. Sarana sanitasi tersebut meliputi kamar mandi dan tempat untuk mencuci.

Ciri-ciri lingkungan bersih dan sehat yang ketiga adalah saluran air yang lancar. Suatu lingkungan yang saluran airnya sering macet cukup rentan mengalami banjir. Lingkungan yang sering terendam banjir menjadi basah, lembab dan kotor sehingga berpotensi menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab berbagai macam penyakit. Ciri yang kempat adalah pemukiman yang tidak kumuh dan tertata dengan rapi. Lingkungan yang bersih dan sehat dapat dilihat dari kondisi pemukimannya apakah kumuh atau tidak. Idealnya antara satu rumah dengan rumah yang lainnya memiliki batas pemisah. Lebih baik lagi jika pemukiman tersebut menyediakan lahan terbuka atau taman di setiap rumahnya.

Tinggalkan Balasan