Manfaat Kacang Bagi Kesehatan

Berbagai jenis kacang bisa dijadikan salah satu alternatif menu sehat anda. Sebabnya kacang memiliki beberapa manfaat kesehatan, misalnya saja kandungan folat yang bisa membantu mencegah penurunan fungsi otak. Tidak hanya itu masih banyak lagi manfaat kesehatan lain yang terkandung dalam  kacang. Berikut diantaranya:

1. Protein

Jika anda tidak ingin makan ayam dan telur, tapi masih ingin memperbaiki protein dalam tubuh, maka menu sehat anda bisa diganti dengan kacang-kacangan. Karena kacang benar-benar bisa menjadi pengganti protein selama beberapa hari dalam seminggu. Hanya perlu diingat untuk tak berlebihan mengonsumsinya.

2. Serat

Anda akan cepat merasa kenyang bila memakan kacang, karena kacang kaya akan kandungan serat. Serat baik untuk pencernaan, sehingga merupakan camilan yang sehat untuk anda.

3. Asam lemak omega-3

Sama seperti halnya ikan, kacang-kacangan adalah makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Kandungan tersebut dapat menjadikan kulit lebih cerah, hal itu juga baik untuk jantung. Selain itu kacang-kacangan juga merupakan sumber vitamin dan mineral.

4. Mencegah penyakit

Jika dimakan secara mentah maka kacang-kacangan relatif rendah kalori bila dibandingkan dengan makanan lain. Almond contohnya memiliki lebih banyak kalsium hingga baik untuk kesehatan. Antioksidan yang terkandung di dalam kacang juga membantu melawan peradangan berbahaya, kanker paru-paru dan penurunan fungsi kognitif yang berkaitan dengan bertambahnya usia.

5. Baik untuk otak

Kebanyakan jenis kacang baik untuk otak. Ia dapat membantu mencegah penurunan fungsi kognitif pada usia tua. Hal ini dikarenakan kebanyakan kacang mengandung folat yang sangat baik untuk kesehatan otak.

Tinggalkan Balasan