Sehat dengan Menyeimbangkan Jasmani dan Rohani

Di dalam jiwa yang sehat, terdapat jiwa yang kuat ‘mens sana in corpore sano’. Ungkapan dalam bahasa Latin yang merupakan tukilan dari puisi karya Juvenal yang adalah seorang pujangga Romawi tersebut sangatlah tepat untuk menyemangati segala upaya Solusi Sehat untuk hidup, baik jasmani maupun rohani.

Penyeimbangan Jiwa dan Fisik

Sebisa mungkin untuk tidak mengabaikan salah satu dan mengutamakan yang lainnya, karena keduanya berkaitan erat. Seseorang yang akal pikirannya tidak sehat, kemungkinan besar akan sulit menjaga kesehatan fisiknya. Mempraktikkan pola hidup sehat dalam aktivitas sehari-hari sangatlah penting. Tentu saja agar akal, fisik, dan jiwa bisa terus sehat.

Penyegaran Otak dan Otot

Pikiran, hati, dan otot yang tegang hanya akan membuat stress, penyegaran otak dan otot bisa menjadi solusi sehat. 1. Meditasi. Menenangkan diri dengan cara ini dapat membuat otak dan otot kembali pulih dari segala kerusakan. Dengan meditasi, kedamaian bisa dicapai. 2. Terapi. Ini bisa dilakukan dengan banyak cara dan di mana-mana sesuai keinginan. Bisa dengan terapi pijat, terapi aroma, terapi sauna, dan lain-lain. Bisa dilakukan di spa ataupun di rumah. 3. Lingkungan yang asri. Membuat taman atau kebun di rumah bisa menjadi nilai tambah demi mendapat udara segar dan bersih. Namun, bila tidak memiliki lahan memadai, sering-seringlah bertandang ke taman kota. Bahkan kota besar dengan paru-paru kota yang sedikit jumlahnya seperti Jakarta pun memiliki hutan tepat di pusat kota.

Tinggalkan Balasan