Tips Melindungi Mata dari Kerusakan Akibat Layar Komputer

WiMiU – Seperti yang pernah kami bahas dalam artikel sebelumnya bahwa efek samping  komputer yang pertama kali akan terjadi adalah mata. Sebelum Anda menyesal akibat terlalu lama menatap layar berikut tips melindungi mata dari kerusakan akibat menatap layar komputer terlalu lama:

1.Atur posisi

Atur Posisi Komputer
kesehatan.kompasiana

Mengatur posisi yang baik ikut menentukan kesehatan mata. Di mulai dari dari posisi laptop atau komputer, hingga posisi ruangan. Masalah umum yang sering terjadi ketika menatap layar komputer jika terlalu lama adalah mata menjadi merah dan kering. Hal itu di sebabkan karena mata kita lebih sedikit berkedip untuk melembabkan mata.

Solusi :

Coba Anda letakkan posisi laptop atau komputer agak sedikit di bawah mata. Posisi yang seperti ini membuat mata kita lebih terbuka dan menjadi lebar saat menatap layar komputer. Berilah jarak antara mata dan monitor untuk memberi kenyamanan saat kerja. Kira-kira beri jarak sekitar 20-30 cm memberi kenyamanan pada saat menatap layar komputer.

Dinding yang berada dibelakang juga sangat berperan untuk mengurangi kelelahan mata Anda. Juga hindari dinding atau latar yang sangat terang atau dengan motif warna yang terlalu ramai. yang membuat mata sangat sulit berkonsentrasi pada layar laptop atau komputer. Hal ini membuat mata bekerja ekstra keras dan akibatnya mata menjadi lelah.

2.Istirahat

Istirahat saat maen Komputer
willmen46.wordpress

Semua bagian yang terdapat dalam tentu butuh istirahat.  Hal itu juga berlaku pada mata kita yang telah bekerja menatap layar komputer  terlalu lama.

Solusi:

Usaplah kedua telapak tangan Anda sampai hangat, kemudian tutup mata dengan kedua telapak tangan anda. Lalu biarkanlah Anda terpejam dalam keadaan gelap selama satu menit. Dan usahakan Anda berada dalam ruangan yang tenang bila memungkinkan.

Rumus umum seperti 20-20-20 juga bisa Anda terapkan untuk mengistirahatkan mata. Beristirahatlah selama 20 menit, kemudian pandang lah seseutu yang jaraknya kira-kira 20 meter selama 20 detik. Dengan tujuan, agar mata dapat beristirahat dari sinar layar monitor komputer dan pandang dari jarak yang dekat.

Coba sesekali, pijatlah daerah sekitar mata Anda  dengan lemah lembut. Pijat mata secara perlahan  dan lakukan gerakan memutar agar otot-otot mata tidak tegang dan menjadi rileks. Agar mata Anda tidak iritasi dan kering berkedipah sesering mungkin agar kelembapan mata anda tetap terjaga.

3.Atur kenyamanan

Jarak huruf pada komputer
cybercityindonesia

Pengaturan yang tidak tepat membuat sering kali mata kita harus bekerja keras. Pada saat membaca atau mengetik, atur lah besar huruf sedemikian rupa agar bagus dan enak dipandang sehingga tidak membuat mata memicing. jangan sampai mata Anda menjadi memicing dan bekerja keras akibat pengaturan huruf yang tidak nyaman.

Menulis atau membaca dengan ukuran huruf besar dan tidak nyaman bisa membuat mata kita menjadi lelah, posisi tubuh kita yang lelah ditambah lagi kita harus mendekat ke layar monitor dengan tubuh yang tegang.

Kemudian usahakan juga mengatur tempat kerja dengan cahaya yang cukup. Sesuaikan pengaturan tingkat cahaya monitor Anda dengan nyaman. Alasannya, bekerja di tempat yang gelap akan membuat cepat rusak dan mudah lelah. Sedangkan bekerja ditempat yang terlalu terang akan membuat mata kita menjadi iritasi.

4.Perhatikan gejala

Perhatikan gejala
articletodayblog.blogspot

Berikut gejala yang akan terjadi: Sakit perih pada mata, mata kering, sakit kepala, mata berkunang-kunang, mata buram saat menatap ke tempat lain selain layar komputer, sulit fokus atau pandangan buram saat menatap layar komputer, serta sulit membaca serta fokus pada benda jauh setelah menatap komputer.

Solusi

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, evaluasi kembali pola kerja Anda dan posisi komputer. Bila sakit berlanjut segera hubungi dokter

One Comment

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan