Berapa Lama Bayi Memerlukan Tidur?

Tidur Bayi

WiMiU – Bayi mempunyai kebiasaan tidur yang berbeda. Hal ini dikarenakan banyak faktor, salah satunya adalah usia dari bayi itu sendiri. Pada usia awal kelahiran bayi tentunya memiliki jam tidur paling lama.

Seiring waktu dan bertambahnya usia bayi akan mulai mengurangi jumlah jam tidurnya, faktor penentu adalah kebiasaan yang diterapkan oleh orang tua mengenai jam tidurnya.

Di bawah ini adalah sebuah gambaran umum dalam jam tidur bayi sesuai dengan usianya:

Bayi Berusia 1-4 minggu

Pada usia ini bayi belum mengenal siang ataupun malam, dan karena itu tidurnya tidak tetap pada usia ini bayi sering tidur di siang hari atau malah sebaliknya. Bayi yang berusia 1-4 minggu biasanya tidur 15-18 jam perhari.

Bayi Berusia 1-4 Bulan

Pada usia ini, bayi sudah sedikit demi sedikit mulai merasakan siang dan malam hari pada usia ini bayi dapat tidur 14-15 jam perhari

Bayi Berusia 4-12 Bulan

Bayi pada usia ini bayi akan tidur selama 15 jam dan pada saat menginjak 11 bulan biasanya bayi akan tertidur selama 12 jam. Usia 4-12 bulan dimana usia yang cukup baik untuk memberikan kebiasan tidur yang baik karena bayi dapat mulai mengerti dan berinteraksi dengan orang dewasa.

Apabila orangtua gagal dalam menerapkan tidur pada masa ini, maka kebiasan gagal tersebut biasanya akan terbawa hingga besar nanti.

Usia Anak 1 – 3 Tahun

Pada usia ini, malam hari anak biasanya akan tertidur antara jam 7 hingga jam 9 malam tergantung kebiasaan dari sang anak dan akan terbangun pagi harinya antara jam 6 atau jam 8. Pada usia ini anak juga memerlukan tidur siang yang membutuhkan 3 hingga 4 jam.

Usia Anak 3 – 6 Tahun

Anak-anak pada usia ini akan pergi tidur malam mulai jam 7 atau jam 9 dan bangun antara jam 6 hingga jam 8 pagi. Pada usia 3 tahun, masih ada anak yang memerlukan tidur siang, dan saat menginjak usia 5 tahun, kebiasaan tidur siang mulai ditinggalkan.

Tinggalkan Balasan