Tips Memilih dan Menentukan Material Gasket

Tips Memilih dan Menentukan Material Gasket

Banyak ditemukan di jual gasket dengan berbagai jenis di pasaran. Gasket dikenal sebagai material penyambung dua komponen material yang biasanya digunakan untuk menyambung flange merupakan salah satu komponen terpenting dalam sistem penyambungan. Adapun gasket diperlukan dalam sistem penyambungan flange dikarenakan beberapa alasan berikut yaitu:

  • Untuk menghindari terjadinya kebocoran antara sambungan flange disebabkan karena tingkat kerataan permukaan flange yang tidak dapat dipastikan kerataannya.
  • Meingingat sebagian dimensi flange yang memiliki ukuran besar, penggunaan machining tidak dapat dipastikan bahwa flange dimachining dengan baik.
  • Bila sewaktu – waktu pipa dilakukan maintance, maka sambungan flange pipa akan mudah dibuka dan diperbaiki.
  • Penggunaan gasket sendiri dianggap lebih baik karena dapat menyimpan tekanan yang dihasilkan dari penyambungan pada saat pemasangan mur dan baut.

Karena fungsi dan kegunaannya yang kompleks, pemilihan pada saat membeli gasket di toko jual gasket pun tidak boleh sembarangan harus sesuai dengan flange yang akan dipasangi material gasket. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli gasket.

Ukuran Sambungan Flange

Sebelum Anda pergi membeli gasket ukur terlebih dahulu ukuran sambungan flange pada pipa, karena terdapat jenis – jenis ukuran gasket yang di jual di pasaran. Jika gasket yang Anda beli tidak sesuai dengan ukuran, tentunya penyambungan tidak bisa dilakukan.

Jenis Material Yang Disalurkan

Hal kedua ini merupakan hal yang penting yang harus Anda ketahui. Ketahuilah jenis material apa yang mengalir didalam saluran pipa, karena setiap material yang disalurkan menggunakan jenis gasket yang berbeda – beda. Seperti pipa yang digunakan untuk menyalurakn bahan kimia, tentunya jenis gasket yang digunakan berbeda untuk jenis pipa yang menyalurkan air atau minyak.

Menentukan Jenis Gasket

Setelah Anda sudah mengetahui ukuran dan jenis material apa yang akan disalurkan pipa, Anda sudah bisa mulai menetukan jenis genset sesuai dengan bahannya. Terdapat jenis – jenis gasket berdasarkan bahan pembuatannya yaitu:

  • Rubber gaskets
  • Viton gaskets
  • PTFE gaskets
  • Graphite gaskets, dan
  • EPDM gaskets

Jika Anda ragu untuk menentukan sendiri jenis gasket apa yang akan Anda gunakan, Anda bisa meminta bantuan kepada penjual toko jual gasket yang Anda kunjungi untuk menentukan jenis gasket mana yang cocok untuk Anda gunakan.

Tinggalkan Balasan