Film Populer yang Diangkat Dari Novel

1. Harry Potter

Harry Potter merupakan salah satu seri novel fantasi karya J. K. Rowling dari Inggris mengenai seorang anak laki-laki bernama Harry Potter. Sejak rilis pertama novel ini, Harry Potter dan Batu Bertuah pada tahun 1997 di Inggris, buku ini telah mendapatkan ketenaran dan kesuksesan secara komersial di seluruh dunia, diangkat menjadi film, video game, dan beragam merchandise.

Latar belakang kisah ini kebanyakan berada di Sekolah Sihir Hogwarts dan berpusat pada pertarungan Harry Potter melawan penyihir jahat Lord Voldemort, yang menggunakan Ilmu Hitam untuk membunuh orang tua Harry.

 

2. Lord Of The Ring

The Lord of the Rings adalah novel kisah fantasi epik karangan J. R. R. Tolkien. Diterbitkan dalam tiga jilid pada tahun 1954 dan 1955, masing-masing jilid terdiri dari dua buku. Jilid pertama diberi judul The Fellowship of the Ring, jilid kedua The Two Towers dan jilid ketiga The Return of the King. Kisah ini ditulis dari tahun 1937 sampai 1949 dan menjadi salah satu karya sastra abad ke-20 yang paling populer dan diterjemahkan ke dalam 38 bahasa.

The Lord of the Rings telah difilmkan tiga kali, yang pertama sebagai film animasi oleh Ralph Bakshi pada tahun 1978 (sebagai bagian pertama dari dua film yang mulanya direncanakan), yang kedua pada tahun 1980 sebagai acara televisi. Karya ketiga, trilogi film The Lord of the Rings oleh sutradara Peter Jackson yang dirilis pada tahun 2001, 2002, dan 2003, memenangkan beberapa Academy Awards dan memperbaharui minat publik dalam trilogi ini dan karya Tolkien lainnya.

 

3.  The Davinci Code

The Da Vinci Code adalah sebuah novel karangan Dan Brown seorang penulis Amerika dan diterbitkan pada 2003 oleh Doubleday Fiction . Buku ini adalah salah satu buku terlaris di dunia dengan 36 juta eksemplar (hingga Agustus 2005) dan telah diterjemahkan ke dalam 44 bahasa, termasuk Indonesia.

Film The Davinci Code Dirilis pada pertengahan bulan Mei ini disutradarai oleh Ron Howard  Alur cerita mengatakan Sebuah pembunuhan di dalam Louvre dan petunjuk dalam lukisan Da Vinci mengarah pada penemuan misteri agama yang dirahasiakan oleh masyarakat  selama dua ribu tahun.

 

4.  Twilight

Twilight adalah sebuah seri novel karya Stephenie Meyer. menggambarkan tentang tokoh utamanya, yaitu Isabella “Bella” Swan, seorang remaja yang pindah ke kota Forks, Washington yang kehidupannya berubah ketika ia bertemu dengan Edward Cullen, seorang vampir ‘vegetarian'(tidak minum darah manusia). Seluruh isi seri Twilight itu diceritakan melalui sudut pandang Bella Swan.

Tiga dari Empat Novel Karangan Stepheni Meyer ini telah berhasil difilmkan dan seri novel terakhir yang berjudul Breaking Dawn dalam film nya dibagi menjadi 2 part yang Part 1 nya telah Dirilis pada bulan November 2011.

 

5. James Bond

James Bond 007 (lebih terkenal dengan sebutan James Bond, Agen 007 atau JB) merupakan karakter fiksi yang diciptakan tahun 1953 oleh penulis Inggris bernama Ian Fleming, yang kemudian muncul dalam dua belas novel dan dua koleksi cerita pendek versi original. Karakter ini kemudian digunakan dalam waralaba media film terlaris dan tersukses di seluruh dunia sampai saat ini, dimulai tahun 1962.

Setelah Fleming wafat pada tahun 1964, penulisan novel James Bond dilanjutkan oleh Kingsley Amis (sebagai Robert Markham), John Pearson, John Gardner, Raymond Benson, Sebastian Faulks, Jeffery Deaver dan William Boyd.Selain itu, Christopher Wood menovelisasi dua film menjadi novel, Charlie Higson menulis cerita tentang Young James Bond, dan beberapa penulis lain mendapat kepercayaan untuk mengembangkan cerita James Bond non-resmi.

Ada 23 film yang dirilis dan termasuk dalam seri produksi “resmi” EON Productions, yang terakhir dan terbaru sampai saat ini adalah Skyfall Film ini akan disutradai oleh Sam Mendes, James Bond diperankan oleh Daniel Craig dengan tema lagu Skyfall dari penyanyi jazz Adele Laurie Blue Adkins akan kan ditayangkan resmi di seluruh dunia pada tanggal 26 Oktober, namun tiga hari sebelumnya pada 23 Oktober diputar terlebih dahulu di bioskop-bioskop Inggris.

 

6. Sherlock Holmes

SherlockHolmes adalah detektif fiktif berkebangsaan Inggris ciptaan Sir Arthur Conan Doyle. Ia biasanya ditemani rekannya Dr. Watson dalam petualangannya.

Ia terkenal akan kemampuan deduksinya dan kepandaiannya dalam memecahkan kasus dan dari novel tersebut telah dirilis  dua film sherlock homes  pada tanggal 27 December 2009  , dan seri keduanya Sherlock Holmes: A Game of Shadows (2011) pada tanggal 23 December 2011 .

 

7.  The Chronicles of Narnia

The Chronicles of Narnia adalah sebuah seri novel fantasi karya C.S. Lewis yang terdiri dari tujuh buku dan ditujukan untuk anak-anak. Lebih dari 95 juta kopi telah terjual dalam 41 bahasa. Serial ini ditulis oleh Lewis pada tahun 1950 sampai 1956 dan mengandung unsur-unsur Kristen, mitologi Yunani dan Romawi, serta dongeng Inggris dan Irlandia. Buku-buku ini telah diadaptasi untuk radio, televisi, dan film. Ilustrasi di dalam buku dibuat oleh Pauline Baynes.

Cerita dari serial ini berkisar pada petualangan manusia, atau disebut juga Putra Adam dan Putri Hawa, ke dalam sejarah dan alam Narnia. Di negeri tersebut, binatang dapat berbicara, sihir adalah hal yang lazim, dan kebaikan berperang melawan kejahatan.

Adaptasi terakhir dari buku ini adalah film dari Walt Disney Pictures dan Walden Media, yaitu The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe (2005) dan The Chronicles of Narnia: Prince Caspian (2008).

 

8.  Memories of Geisha

Memories of Geisha adalah film yang diadaptasi dari novel yang berjudul serupa karya Arthur Golden. Film yang telah memenangkan 6 nominasi dalam Academy Awards ini diproduksi oleh Amblin Entertainment milik Steven Spielberg dan disutradarai oleh Rob Marshall.

Memoirs of Geisha dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 9 Desember 2005 oleh Columbia Pictures, DreamWorks, dan Spyglass Entertainment. Film ini dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris terkenal, seperti Zhang Ziyi, Ken Watanabe, Gong Li, Michelle Yeoh, Youki Kudoh, dan Suzuka Ohgo.

 

9. The Shawshank Redemption

The Shawshank Redemption adalah sebuah film drama 1994 Amerika yang ditulis dan disutradarai oleh Frank Darabont dan dibintangi oleh Tim Robbins dan Morgan Freeman.

Diadaptasi dari novel Stephen King Rita Hayworth dan Shawshank Redemption, film ini bercerita tentang Andy Dufresne, seorang bankir yang menghabiskan hampir dua dekade di Penjara Shawshank Negara atas pembunuhan istrinya dan kekasihnya meskipun klaimnya tidak bersalah.

Selama waktunya di penjara, ia berteman dengan sesama narapidana, Ellis Boyd “Red” Redding, dan menemukan dirinya dilindungi oleh penjaga setelah sipir mulai menggunakan dia dalam operasi pencucian uang nya.

 

10 . The Hunger Games

The Hunger Games adalah sebuah novel fiksi ilmiah karya penulis berkebangsaan Amerika Serikat, Suzanne Collins. Diterbitkan pertama kali di Amerika Serikat pada tanggal 14 September 2008 oleh penerbit Scholastic.

Novel ini mengisahkan tentang Katniss Everdeen, seorang gadis remaja berusia 16 tahun yang tinggal bersama ibu dan adiknya di Distrik 12 di sebuah negara fiksi apokalips bernama Panem, negara yang berdiri di bekas reruntuhan Amerika Utara yang musnah karena malapetaka dan peperangan dengan Ibukota nya Capitol.

The Hunger Games adalah acara tahunan di mana satu laki-laki dan satu perempuan yang berusia antara 12 sampai 18 tahun dari masing-masing distrik disekitar Capitol dipilih dengan cara mengundi untuk bersaing dalam pertempuran mematikan yang disiarkan di televisi sampai akhirnya hanya satu orang pemenang yang tersisa.

Tinggalkan Balasan